Selasa 31 Jan 2023 16:00 WIB

Pentingnya Protein Hewani untuk Turunkan Kasus Stunting

Protein hewani terdapat banyak zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh.

Sejumlah anak bermain di depan gedung TK, di Weetabula, Kabupaten Sumba Barat Daya NTT, Jumat (9/12/2022) (ilustrasi). Pada Hari Gizi Nasional 2023 ini, pemerintah menetapkan tema
Foto:

Prevalensi stunting

Peran aktif masyarakat untuk menerapkan pola makan bergizi seimbang tentunya akan mendukung upaya pemerintah, yang menargetkan penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada 2024. Pada saat ini berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya pemenuhan gizi seimbang yang kaya akan protein hewani melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi yang intensif.

Pemerintah juga terus berupaya meningkatkan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang tepat sasaran untuk mendukung suksesnya percepatan penurunan prevalensi stunting.

Dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting disebutkan, intervensi gizi spesifik adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengatasi penyebab langsung terjadinya tengkes ataustunting. Sebagai contoh, intervensi gizi spesifik pada balita meliputi pemberian ASI eksklusif, pemberian makanan tambahan, suplementasi vitamin A, suplementasi mikronutrien, dan suplementasi mineral seng, serta besi.

Sementara intervensi gizi sensitif merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengatasi penyebab tidak langsung terjadinya stunting. Sebagai contoh, intervensi gizi sensitif meliputi pencegahan dan pengobatan balita yang sakit, tata kelola kasus malnutrisi akut sedang dan berat, penyediaan air dan sanitasi, hingga pemberian obat cacing.

Agar upaya pemerintah untuk mempercepat penurunan prevalensi stunting dapat berjalan sesuai target, peran aktif seluruh pemangku kepentingan hingga masyarakat sangat diperlukan. Pemenuhan gizi seimbang di dalam keluargamenjadi faktor utama yang akan menentukan keberhasilan program penanganan stunting di Tanah Air.

Begitu pentingnya pemberian asupan gizi seimbang bagi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, pastikan di piring makan anak-anak telah dipenuhi dengan pangan bergizi seimbang dan kaya protein hewani.

Mutu sumber daya manusia sebuah bangsa pada masa mendatang, antara lain, ditentukan olehketepatan orang tua dalam memberikan asupan bergizi pada hari ini.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement