Senin 30 Jan 2023 04:00 WIB

Sering Terabaikan, Inilah 6 Gejala Diabetes yang Perlu Diwaspadai Semua Orang

Kemunculan diabetes tipe 2 kerap tidak disadari pengidapnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan gula darah. Kenali tanda-tanda diabetes tipe 2.
Foto:

Penurunan Berat Badan

Pengidap diabetes bisa mengalami penurunan berat badan tanpa melakukan usaha apa pun. Hal ini bisa terjadi karena pada penderita diabetes, gula tidak bisa masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Di saat yang sama, sel-sel tubuh tetap membutuhkan sumber energi. Kondisi ini membuat tubuh mencari energi dengan cara memecah sel-sel lemak. Pemecahan sel lemak inilah yang kemudian memicu penurunan berat badan.

photo
Polifagia, gejala awal diabetes. - (Republika)

Gatal dan Infeksi di Genital

Keluhan gatal di area genital bisa dialami oleh penderita diabetes tipe 2 karena paparan gula dari urin yang dikeluarkan saat berkemih. Paparan gula ini menciptakan lingkungan yang sangat baik bagi bakteri untuk bertumbuh. Kondisi ini juga membuat area genital menjadi lebih rentan untuk terkena infeksi.

Luka Lama Sembuh

Pemulihan luka pada pengidap diabetes cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama. Seperti diketahui, pemulihan luka membutuhkan lebih banyak energi.

Di saat yang sama, tubuh pengidap diabetes justru mengalami kekurangan energi. Kondisi ini dapat membuat nutrisi tidak mencapai area pemulihan luka secara optimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement