Ahad 29 Jan 2023 14:35 WIB

Ikan Kaya akan Zat Gizi Unggul, Rugi Kalau Nggak Doyan!

Ikan memiliki berbagai zat gizi unggul yang bisa cegah stunting hingga bikin cetar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Anak makan ikan (ilustrasi). Ikan mengandung banyak zat gizi yang diperlukan untuk menunjang kesehatan dari anak-anak hingga lansia.
Foto: Republika/Amin madani
Anak makan ikan (ilustrasi). Ikan mengandung banyak zat gizi yang diperlukan untuk menunjang kesehatan dari anak-anak hingga lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang enggan makan ikan karena rasanya amis. Padahal, dengan bumbu yang tepat, ikan bisa jadi makanan yang enak dan menyehatkan.

Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor Prof Dr Hardinsyah mengatakan ikan memiliki berbagai zat gizi yang unggul. Apa saja zat gizi yang ada pada ikan?

Baca Juga

1. Kalsium

Prof Hardinsyah menjelaskan ada beberapa zat gizi yang unggul didalam ikan. Salah satunya kalsium. Tidak hanya untuk mencegah stunting, tapi kalsium juga dapat menjaga kesehatan jantung dan saraf.

 

2. Omega 3

Ikan juga kaya akan omega 3. Ini adalah sejenis asam lemak. Manusia butuh lemak, namun jangan sampai terjerat lemak tidak sehat yang disebut lemak trans.

"Omega 3 berfungsi untuk membuat darah lebih encer atau darah tidak cepat mengental," kata Prof Hardinsyah yang juga ketua umum Pergizi Pangan Indonesia.

Menurut Prof Hardinsyah, orang Eskimo gemar makan ikan. Ikan bagus untuk mencegah risiko penyumbatan pembuluh darah.

"Kalau darah kita lebih kental itu berbahaya, apalagi dengan kolesterol, gampang terjadi penyumbatan, bisa memendekan usia," ujarnya dalam press launch Sarden ABC Bumbu Serundeng Siap Goreng, Kamis (26/1/2023).

Omega 3 juga baik untuk fungsi saraf, terutama bagi ibu hamil. Sebab, otak terbentuk sejak masa kehamilan.

Omega 3 juga penting untuk tumbuh kembang remaja. Sementara itu, pada lansia, omega 3 bisa membuat fungsi saraf otaknya berfungsi dengan baik, tidak menyebabkan lansia gampang depresi dan terkena Alzheimer.

"Jadi, di samping bagus untuk aliran darah dan keberfungsian otak, omega 3 juga baik untuk mengingat dan mencegah risiko penyakit," kata Prof Hardinsyah.

3. Vitamin B12

Vitamin ini bisa mencegah penyakit jantung koroner (PJK). Selain itu, vitamin B12 juga penting untuk mencegah anemia.

4. Vitamin D

Vitamin D dianjurkan konsumsi 100 sampai 150 gram per hari. VItamin turut membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement