Selasa 24 Jan 2023 16:13 WIB

Kasihani Indra Penglihatan Anda, MRI Perlihatkan Ini yang Terjadi Ketika Mata Dikucek

Dokter mengingatkan kebiasaan mengucek mata dapat berbahaya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata. Kebiasaan mengucek mata ada risikonya.
Foto:

Untuk mencegah infeksi mata, penting agar senantiasa mencuci tangan secara teratur. Pastikan Anda mencuci tangan dengan memakai sabun, dan kemudian mengeringkannya sebelum menyentuh mata.

 Mengucek mata juga dapat memperparah lingkaran hitam karena jaringan di sekitar mata lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya. Kulit halus memiliki pembuluh darah yang sama halusnya tepat di bawahnya.

"Saat Anda menggosok mata, kapiler dan pembuluh darah kecil itu mudah pecah, dan ini menyebabkan memar yang membuat lingkaran hitam di mata semakin parah," kata para ahli dari Atlantic Eye Institute.

Tidak hanya itu, kebiasaan mengucek mata juga dapat memperburuk glaukoma, yang merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan. Itu bisa muncul pada usia berapa pun dan memengaruhi saraf optik di bagian belakang mata.

"Tindakan mengucek mata memberi tekanan pada bagian dalam, ruang berisi cairan, yang dapat menyebabkan fluktuasi tekanan yang parah di dalam mata, membuat kondisinya semakin buruk,” kata para ahli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement