Ahad 22 Jan 2023 16:23 WIB

Bius Spinal Jelang Operasi Caesar Gagal, Dokter Boleh Suntik Ulang Hingga Berapa Kali?

Bius spinal bisa saja gagal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Saat memberikan bius spinal jelang operasi caesar, penyuntikan berulang bisa saja dilakukan.
Foto:

Dokter Arfan mengungkapkan memang ada literatur yang menyarankan apabila gagal maka penyuntikan tidak dilakukan lebih dari dua kali. Dengan catatan, dokter sudah sempat memasukkan obat anestesinya di tiap kali penyuntikan.

"Sebenarnya, tidak ada batasan berapa kali boleh menyuntik, namun dalam literatur sebaiknya tidak boleh dilakukan lebih dari dua kali. Tapi bisa saja, tiga kali pun bisa," jelasnya.

Untuk mengetahui suntikan spinal sudah masuk ruangan subarachnoid atau belum, hanya dokter anestesi yang bisa menilai. "Dokter anestesi harus bisa bedakan karena akan melihat cairan keluar, yaitu liquor cerebri itu adalah tanda di masuk lapisan subarachnoid," paparnya.

Dokter Alfan menyebut anestesi spinal dilakukan lagi atau tidak atau justru berganti metode bius lain juga sangat berkaitan dengan seberapa cepat operasi harus dilakukan. Apabila operasi harus segera dimulai seperti pada kasus gawat janin maka harus dipertimbangkan untuk menggunakan metode bius lain yang lebih cepat.

Penyebab gagalnya bius spinal

Dr Alfan mengungkapkan ada bermacam-macam penyebab gagalnya bius spinal. Kegagalan penyuntikan akibat anatomi pasien yang sulit, obat yang tidak bekerja maksimal, sampai kelainan pada tulang belakang dapat menjadi penyebabnya.

"Penyebab lainnya seperti istilah yang dikatakan pasien kebal terhadap obat anestesi tadi, walaupun sangat-sangat jarang ditemukan. Jadi istilah 'tidak mempan', ini harus diluruskan," ujarnya.

Seorang ibu berinisial Y kembali viral di media sosial karena mengaku lumpuh setelah menjalani operasi caesar di salah satu rumah sakit di Ciputat, Tangeran Selatan, Banten pada 2020. Y dikabarkan sampai 12 kali disuntik oleh dokter anestesi jelang persalinan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement