Rabu 18 Jan 2023 04:00 WIB

Mau Lindungi Otak dari Alzheimer? Coba Olahraga Intensitas Tinggi, Enam Menit Saja!

Olahraga intensitas tinggi dapat menjadi pendekatan non-farmakoolgis untuk Alzheimer.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Penderita Alzheimer (Ilustrasi). Peneliti mengungkap manfaat olahraga dan penundaan kemunculan Alzheimer.
Foto:

BDNF meningkat empat sampai lima kali lebih banyak dibandingkan puasa yang tidak menunjukkan perubahan BDNF atau aktivitas berkepanjangan yang menunjukkan sedikit peningkatan BDNF. Para peneliti berhipotesis bahwa otak mengganti sumber bahan bakar favoritnya untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Ini bisa berarti tubuh memetabolisme laktat alih-alih glukosa selama berolahraga yang berpotensi memulai jalur yang mengarah pada lebih banyak BDNF dalam darah. Dikutip dari WebMD, Selasa (17/1/2023), peningkatan BDNF bisa disebabkan oleh peningkatan jumlah trombosit darah yang menyimpan BDNF dalam jumlah besar.

Ini lebih banyak dipengaruhi oleh olahraga dibandingkan puasa. Penelitian yang sedang berlangsung akan mempelajari lebih lanjut efek pembatasan kalori dan olahraga.

"Kami sekarang sedang mempelajari bagaimana puasa untuk durasi yang lebih lama, misalnya hingga tiga hari apakah memengaruhi BDNF. Kami ingin tahu apakah berolahraga dengan intensitas tinggi pada awal puasa dapat mempercepat efek yang menguntungkan dari puasa. Puasa dan olahraga jarang dipelajari bersama. Kami pikir puasa dan olahraga dapat digunakan bersamaan untuk mengoptimalkan produksi BDNF di otak manusia," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement