Senin 16 Jan 2023 18:01 WIB

Arti Bahasa Tubuh Kucing yang Coba Ditunjukkan ke Manusia

Kucing memiliki banyak cara untuk menunjukkan perasaan melalui tingkah lakunya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tingkah laku kucing yang mencoba berkomunikasi dengan manusia. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Tingkah laku kucing yang mencoba berkomunikasi dengan manusia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pencinta kucing, mereka adalah makhluk imut yang menyenangkan. Ada beragam cara yang dilakukan oleh kucing untuk berkomunikasi dengan manusia.

Berikut penjelasannya:

Baca Juga

1. Wajah dan ekor

Wajah kucing mungkin tampak menarik atau pemarah, tergantung kasusnya. Namun sebenarnya tetap dan sebagian besar tanpa ekspresi. Ekor mereka juga tidak mengibas untuk menandakan kegembiraan atau kesenangan. 

2. Vokalisasi kucing

Dilansir laman Medical News Today, Senin (16/1/2023), vokalisasi kucing jumlahnya banyak, berkisar dari mengeong hingga mendesis, mengomeli burung melalui jendela, hingga mengeong dalam-dalam yang menandakan perkelahian. Beberapa vokalisasi jelas dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan manusia, katakanlah, mengeong saat sarapan. Namun, sebagian besar kucing tampaknya "berbicara" atau bergumam sendiri. Meski begitu, kucing memiliki banyak cara untuk menunjukkan perasaannya melalui perilaku lain.

3. Membenturkan kepala dan menandai

Untuk orang yang mereka sayangi atau yang mereka minati, kucing akan sering menawarkan untuk membenturkan anggota tubuhnya. Perilaku ini dikenal sebagai "bunting" dan menghasilkan dua hal.

Pertama, mereka meninggalkan feromon yang dikeluarkan dari kelenjar pipi, menandai Anda sebagai milik mereka. Kedua, terutama dalam kasus kaki, mereka mengumpulkan intel penciuman tentang interaksi Anda dengan hewan lain jika mereka menganggap Anda layak untuk diselidiki.

4. Mendengkur

Orang sering berasumsi bahwa dengkuran adalah tanda pasti dari kebahagiaan murni, padahal sebenarnya tidak. Kucing yang sedang kesusahan juga bisa mendengkur. Beberapa ahli menyarankan agar kucing mengeluarkan suara yang menenangkan untuk menghibur dirinya sendiri di saat-saat sulit.

Beberapa berhipotesis bahwa dengkuran bahkan mungkin memiliki khasiat penyembuhan. Mendengkur terjadi pada saat menghirup dan menghembuskan napas, menghasilkan dengungan berdenyut 20 hingga 150 herz. Masih belum jelas persis bagaimana mereka melakukannya.

5. Tetap dekat

Sering kali kehadiran kucing merupakan sinyal terbaik bahwa dia menyukai Anda. Hal ini terutama berlaku untuk kucing pemalu. Seekor kucing akan menjauh dari seseorang yang tidak mereka minati atau yang mereka khawatirkan.

6. Mata

Mata kucing cukup besar, tetapi ada kalanya ketika menjadi sangat besar. Kadang-kadang dengan iris melebar. Mereka mungkin menandakan keadaan yang sangat bersemangat atau ancaman yang dirasakan.

Para peneliti baru-baru ini mengonfirmasi apa yang telah lama dicurigai oleh beberapa pencinta kucing. Untuk berdamai dengan kucing, berikan mereka kedipan yang sangat lambat. Seolah-olah mengatakan, "Saya merasa cukup aman dengan Anda untuk menutup mata, dan Anda harus merasakan hal yang sama."

7. Kumis

Meskipun terbuat dari keratin, zat yang sama dengan rambut, kumis kucing lebih dari itu. Kumis adalah organ sentuh khusus, masing-masing dengan 100 hingga 200 sel saraf yang memberikan informasi kepada kucing tentang segala hal yang disikatnya.

Kumis juga bisa menandakan suasana hati kucing. Saat kucing dalam keadaan rileks, mereka menonjol dari sisi wajahnya. Ketika seekor kucing senang atau bersemangat, saat dibelai dengan lembut, misalnya, mereka menunjuk ke depan dengan sedikit kesenangan. Kumis bergerak mundur ke wajah kucing saat waspada.

 

Cek Typo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement