Senin 16 Jan 2023 19:15 WIB

Pankreas Buatan Tampak Menjanjikan Bagi Diabetes Tipe 2, Tapi ...

Peneliti kembangkan pankreas buatan untuk pengidap diabetes tipe 2.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan gula darah. Peneliti menemukan pankreas artifisial tampak dapat membantu pengidap diabetes tipe 2.
Foto:

Hasil studi menunjukkan bahwa kontrol gula darah para partisipan tampak lebih baik ketika menggunakan pankreas artifisial. Ketika menggunakan pankreas artifisial, para partisipan berhasil menjaga kadar gula darah sesuai target selama 66,7 persen dari seluruh waktu mereka.

Sementara itu, ketika menggunakan terapi injeksi insulin, kadar gula darah mereka hanya sesuai target selama 33,33 persen dari seluruh waktu mereka. Tak ada satupun dari para partisipan yang mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah rendah yang berbahaya selama menggunakan pankreas artifisial.

Sebaliknya, sembilan dari 10 partisipan justru merasa terbantu karena mereka tak harus menghabiskan banyak waktu untuk mengukur kadar gula darah dan menyuntikkan insulin ke tubuh mereka. Dari segi harga, pankreas artifisial memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan injeksi insulin dan alat tes gula darah standar.

Namun, bila pankreas artifisial bisa mengontrol gula darah lebih baik dan menghindarkan pasien dari risiko komplikasi berat akibat diabetes, maka harga yang lebih tinggi tersebut dinilai sepadan dengan manfaatnya. Dr Boughton menyebut dibutuhkan studi berskala lebih besar dengan pemantauan yang lebih panjang untuk menginvestigasi (pankreas artifisial untuk diabetes tipe 2) lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement