Jumat 13 Jan 2023 20:51 WIB

Delapan Judul Webtoon yang Digemari Pembaca

LINE WEBTOON Awards menjadi ajang bagi para pembaca untuk menentukan pilihan.

Delapan judul webtoon yang digemari pembaca. (ilustrasi)
Foto: Antara
Delapan judul webtoon yang digemari pembaca. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform komik digital Line Webtoon mengumumkan delapan judul webtoon Indonesia yang digemari pembaca dalam Line Webtoon Awards 2022. Ajang penghargaan itu dibuat untuk mengapresiasi judul webtoon di mana pemenangnya merupakan pilihan pembaca yang memilih lewat voting pada awal Desember 2022.

Line Webtoon dalam keterangan resmi, Jumat (13/1/2023), mengatakan delapan kategori yang terdapat dalam ajang ini adalah Paling Bikin Salting, Paling Ngabisin Koin, Paling Dinanti Comeback-nya, Paling Serem, Paling Bikin Nangis, Paling Plot Twist, Paling Ngakak, dan Paling Aksi.Ajang ini juga merupakan sarana apresiasi untuk para kreator webtoon agar terus berkarya menghasilkan karya-karya terbaik. Sebanyak delapan judul webtoon yang terpilih telah mengumpulkan total like sebanyak 55,5 juta like dan telah dilihat sebanyak lebih dari 610 juta kali oleh pembaca.

Baca Juga

"LINE WEBTOON Awards 2022 merupakan ajang bagi para pembaca webtoon untuk menentukan pilihan terhadap judul-judul yang paling mereka cintai dan paling berkesan bagi masing-masing pembaca," kata LINE Webtoon Indonesia Lead, Ghina Fianny.

Tujuan LINE menyelenggarakan ajang ini adalah untuk menyediakan wadah bagi para pembaca. "Agar mereka dapat terlibat secara langsung menentukan judul webtoon paling berkesan yang telah menemani keseharian mereka sepanjang tahun lalu," ujarnya.

Melalui ajang ini, tidak hanya webtoon dari Korea yang disukai pembaca, tetapi webtoon lokal pun terpilih di tiga kategori. Di kategori Paling Bikin Nangis, webtoon berjudul "Pupus Putus Sekolah" berhasil merebut perhatian pembaca dan mendapatkan suara terbanyak.

Kisah seorang anak kecil bernama Pupus yang terpaksa putus sekolah dan diasuh seorang profesor yang mengajarinya tentang kehidupan ternyata membuat banyak pembaca terharu. Webtoon lokal karya Kurnia Harta Winata ini telah dilihat sebanyak 35,8 juta kali dengan rating 9,91 dan telah disukai sebanyak empat juta kali.

Selanjutnya adalah kategori Paling Plot Twist. Webtoon "WEE!!!" adalah judul yang paling banyak mendapatkan suara di kategori ini. Webtoon ini ditulis oleh Amoeba Uwu yang telah dilihat sebanyak 155,1 juta kali serta telah mengumpulkan Like sebanyak 14,4 juta.

Sementara itu, di kategori Paling Ngakak, webtoon berjudul "Eh, Sorry Kesantet" berhasil menjadi pilihan pembaca. Webtoon yang telah dilihat sebanyak 6,6 juta kali ini dan disukai sebanyak 676,107 kali ini merupakan karya Aiextradip. Mengusung kisah ajaib tentang seorang anak gadis blasteran dukun dan kuntilanak yang ingin hidup normal, webtoon lokal ini berhasil membuat pembaca terbahak-bahak.

Turut bersaing dengan webtoon lokal, komik web romantis berjudul "Must Be a Happy Ending" berhasil mendapatkan suara terbanyak dari para pembaca di kategori Paling Bikin Salting Ditulis oleh Bulsa dan Digambar oleh Jaerim, webtoon ini telah dilihat sebanyak 106,7 juta kali dan mendapatkan rating 9,76 serta disukai oleh 7,8 juta pembaca. Hingga saat ini, "Must Be a Happy Ending" telah memasuki episode ke-84.

Kategori selanjutnya adalah kategori Paling Ngabisin Koin dan yang terpilih adalah webtoon berjudul "Marry My Husband" yang juga berasal dari genre romantis. "Marry My Husband" berkisah tentang pengkhianatan suami dan sahabat sang istri.

Menariknya, sang istri malah terlempar kembali ke masa lalu dan ia bertekad untuk membuat agar suaminya di masa lalu menikahi sahabatnya alih-alih dirinya sendiri. Hingga saat ini, webtoon yang diadaptasi oleh LICO serta merupakan karya asli dari Sungsojak ini telah dilihat oleh 82 juta pembaca serta mengumpulkan 5,9 juta like.

Pada kategori Paling Dinanti Comeback-nya, webtoon berjudul "I Wanna Be U" yang dibuat oleh kreator bernama SAM meraih suara terbanyak yang paling dinanti kelanjutannya oleh pembaca. Judul yang berasal dari genre Kerajaan ini telah dilihat sebanyak 109,8 juta kali serta mendapatkan 11,2 juta like.

Kategori berikutnya berasal dari kategori thriller yang juga banyak disukai oleh pembaca. Komik berjudul "Like Mother, Like Daughter" berhasil terpilih sebagai webtoon "Paling Serem" dari pembaca. Telah dilihat sebanyak 14,2 juta kali dengan like berjumlah 1,8 juta, webtoon yang bercerita mengenai kecurigaan seorang anak terhadap ibunya yang menurutnya adalah seorang pembunuh ini ditulis oleh YIDAHM.

Sementara itu di kategori Paling Aksi, webtoon karya Chae Yongtaek dan digambar oleh Han Garam berjudul "The Real Lesson" berhasil meraih suara terbanyak. Webtoon ini memiliki rating 9,9 dan telah dilihat sebanyak 99,9 juta kali.

"Kami berharap LINE WEBTOON Awards 2022 bisa menjadi wadah apresiasi langsung dari pembaca untuk para kreator webtoon sehingga para kreator dapat terus menciptakan karya-karya yang berkesan tahun ini," kata Ghina.

"Kami juga akan terus berupaya untuk menjaga eksistensi LINE WEBTOON di Indonesia sebagai salah satu platform komik digital terkemuka dan dicintai oleh masyarakat secara luas," ujarnya. 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement