Rabu 11 Jan 2023 13:00 WIB

Mau Jualan Chiki Ngebul? Standar Keamanan Pangannya Seperti Ini

Chiki ngebul merupakan salah satu jajanan yang menggunakan nitrogen cair.

Jajanan chiki ngebul. Sejumlah anak di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat keracunan makanan setelah mengonsumsi jajanan chiki ngebul pada November 2022.
Foto:

LN merupakan cairan cryogenic untuk mempercepat pembekuan. Paparannya dapat menyebabkan radang dingin.

Efek kesehatan karena menghirup nitrogen secara berlebihan dapat mengakibatkan pusing, mual, muntah, kehilangan kesadaran, pernapasan cepat, sesak napas tanpa peringatan, dan kematian. Jika terjadi kontak kulit dan mata, menurut Prof Nuri, dapat menyebabkan luka bakar dingin yang parah dan radang dingin.

"Bahaya biologisnya saat kontak antara kulit dan nitrogen cair atau pipa atau bejana yang tidak diinsulasi yang mengandung nitrogen cair, dapat menyebabkan luka bakar dingin yang parah," jelas Prof Nuri.

photo
Penjual menunjukkan jajanan ciki ngebul (cikbul) di Jalan Dr Ir Sukarno, Sumur Bandung, Kota Bandung, Sabtu (7/1/2023). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta seluruh pihak, terutama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan rumah sakit di Indonesia untuk mewaspadai jika ada temuan kasus keracunan jajanan cikbul yang menggunakan nitrogen cair. Imbauan tersebut disampaikan seiring dengan pelaporan kasus peningkatan korban keracunan cikbul nitrogen cair di Provinsi Jawa Barat. - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Beberapa kejadian keracunan pangan akibat produk tersebut dilaporkan dari sejumlah daerah. Pada Juli 2022, misalnya, terjadi satu kasus pada anak yang mengonsumsi ice smoke di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur yang menyebabkan terjadinya luka bakar.

Pada 19 November 2022, UPTD Puskesmas Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat melaporkan telah terjadi KLB keracunan pangan dengan jumlah kasus 23 orang. Satu kasus di antaranya dirujuk ke rumah sakit.

Pada 21 Desember 2022, UGD Rumah Sakit Haji Jakarta melaporkan menerima pasien anak laki-laki berumur 4,5 tahun datang dengan keluhan nyeri perut hebat. Bocah tersebut sebelumnya mengonsumsi jajanan jenis chiki ngebul.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement