Senin 09 Jan 2023 00:30 WIB

Sulit Kendalikan Gula Darah? Pengidap Diabetes Tipe 2 Bisa Coba Asup Dua Suplemen Ini

Pengidap diabetes perlu mengontrol kadar gula darahnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen (ilustrasi).  Suplemen yang mengandung leusin asam amino esensial dan arginin asam amino nonesensial disebut bagus untuk pengidap diabetes tipe 2.
Foto:

Aslam menganjurkan pengidap diabetes untuk memasukkan protein setiap kali makan. Alasannya, protein meningkatkan rasa kenyang sehingga membuat pasien makan lebih sedikit. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko yang signifikan untuk diabetes tipe 2.

"Penting juga untuk memastikan bahwa semua karbohidrat adalah serat tinggi/gandum utuh dan makan banyak sayuran dan beberapa buah," ujar Aslam.

Aslam menjelaskan makanan ini membantu meningkatkan rasa kenyang melalui glukosa darah serta merangsang mikrobiota usus yang meningkatkan produksi SCFA (asam lemak rantai pendek). Mengatur kadar gula darah juga membutuhkan upaya pembatasan asupan tertentu, seperti makanan olahan.

Keripik, sosis gulung, dan pasties termasuk makanan olahan. Terkait dengan keragaman bakteri usus yang lebih rendah, makanan olahan dapat menyebabkan peradangan dan penambahan berat badan.

Selain pola makan yang lebih sehat, Anda bisa mengurangi risiko gula darah tinggi dengan aktif. Berolahragalah setidaknya 150 menit setiap pekan

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement