Ahad 08 Jan 2023 20:01 WIB

Dalam Balutan Musik, Hero Perlihatkan Getirnya Perjuangan Aktivis Kemerdekaan Korea

Film musikal Hero tayang di Indonesia mulai 11 Januari 2023.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Poster film musikal Korea, Hero. Film yang menggambarkan perjuangan Ahn Jung-geun dalam membantu kemerdekaan Korea Selatan ini tayang mulai 11 Januari 2023.
Foto: Dok CJ ENM
Poster film musikal Korea, Hero. Film yang menggambarkan perjuangan Ahn Jung-geun dalam membantu kemerdekaan Korea Selatan ini tayang mulai 11 Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meraih kemerdekaan merupakan sebuah proses panjang yang membutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan. Hal ini pula yang harus dihadapi oleh para pejuang kemerdekaan Korea di era 1900-an, termasuk Ahn Jung-geun dalam film musikal Hero.

Jung-geun dan para pejuang kemerdekaan Korea lainnya memiliki kerinduan yang terhingga atas kemerdekaan Korea di era pendudukan Jepang. Pada Februari 1909, Jung-geun dan 11 pejuang lainnya bahkan memotong satu jari mereka sebagai bentuk kesungguhan hati dalam memperjuangkan kemerdekaan Korea.

Baca Juga

Dengan bantuan seorang mata-mata wanita bernama Seol-hee, Jung-geun dan para pejuang lain menyusun strategi untuk membunuh Perdana Menteri Jepang, Hirobumi Ito. Menurut mereka, Ito telah melakukan 15 tindakan kriminal yang menghancurkan kedaulatan Korea. Namun, dalam perjalanannya, mereka harus melakukan banyak pengorbanan yang tak terduga.

Hero merupakan sebuah film musikal Korea pertama yang diadaptasi dari pertunjukan teater musikal berjudul sama. Meski mengangkat tema yang berat dan sarat akan sejarah, sutradara JK Yoon mampu mengemas Hero menjadi film yang mudah dipahami oleh penonton yang awam mengenai sejarah Korea ataupun kisah asli dari sosok Ahn Jung-geun.

Hero juga mampu membuat penonton merasakan "roller coaster" emosi yang berliku bersama dengan para karakternya. Di saat yang sama, penonton juga akan dibuat terpingkal oleh sisipan humor serta kisah romansa yang menggelitik dan dalam porsi yang pas.

Yang tak kalah menarik, film ini juga menampilkan sisi manusiawi dari sosok Jung-geun yang terkenal pemberani. Meski terlihat tak kenal takut di luar, penonton akan diingatkan bahwa Jung-geun juga seorang manusia biasa yang memiliki kekhawatiran sebagai seorang ayah, suami, dan anak untuk keluarga yang dia tinggalkan.

Lagu-lagu yang disematkan juga mampu membangun atmosfer sekaligus memperkuat emosi yang dihadirkan dalam berbagai adegan penting dalam film. Uniknya, lagu-lagu ini ternyata dibawakan secara live oleh para aktor dan aktris saat proses syuting berlangsung, termasuk oleh aktris Kim Go-eun yang memerankan karakter fiksi bernama Seol-hee.

Meski tak berprofesi sebagai penyanyi profesional, Go-eun mampu menjadikan lagu-lagu yang dia bawakan sebagai perpanjangan tangan aktingnya. Penonton bisa dengan mudah merasakan amarah yang meluap-luap, keputusasaan, hingga trauma mendalam dari nyanyian Go-eun. Penampilannya dalam film ini menjadi salah satu yang tak boleh dilewatkan oleh para penggemar film.

Performa aktor senior Jung Sung-hwa dalam memerankan Jung-geun pun tak perlu diragukan. Selain memiliki jam terbang yang tinggi, Sung-hwa juga telah "bersahabat dekat" dengan karakter Jung-geun sejak 2009. Selain memerankan karakter ini di layar lebar, Sung-hwa juga memerankan Jung-geun dalam pertunjukan musikal Hero sejak 14 tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement