Kamis 05 Jan 2023 15:41 WIB

Beli Rumah di Usia 60? Jangan Gegabah, Pertimbangkan Ini Dulu

Kebutuhan membeli rumah berbeda seiring bertambahnya usia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Hal yang perlu diperhatikan ketika ingin beli rumah saat usia tua. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Hal yang perlu diperhatikan ketika ingin beli rumah saat usia tua. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membeli rumah tampaknya menjadi hal yang umum. Namun, bagi orang berusia 60 tahun atau mereka yang memasuki masa pensiun dan ingin membeli rumah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Berikut poin-poin yang bisa dipertimbangkan seperti dilansir laman Best Life, Rabu (4/1/203):

Baca Juga

1. Pertimbangkan perbedaan kebutuhan rumah sekarang dengan saat masih muda

“Kebutuhan pembeli berbeda seiring bertambahnya usia,” kata editor berita eksekutif Realtor.com, Clare Trapasso.

 

Pembeli rumah yang masuk kategori lanjut usia (lansia) mungkin lebihmenyukai rumah yang berukuran lebih kecil serta mudah dibersihkan dan dirawat. “Townhouse dan kondominium mungkin menarik sehingga pembeli tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan, seperti menyapu daun atau memotong rumput,” kata dia.

2. Cari peningkatan keselamatan atau mobilitas yang penting

Menurut para ahli, gaya hidup harus menjadi faktor penting dalam menentukan jenis rumah yang akan Anda beli. Trapasso mengatakan, pembeli rumah yang lebih tua mungkin ingin mempertimbangkan rumah satu tingkat, jadi mereka tidak perlu khawatir tentang tangga seiring bertambahnya usia.

"Mereka mungkin juga ingin mempertimbangkan kamar mandi yang cukup besar untuk menampung kursi roda atau alat bantu jalan,” ujarnya.

3. Berpikir jangka panjang saat mempertimbangkan properti baru

Pada usia 60 tahun, Anda tahu bahwa hidup dapat mengalami banyak liku-liku yang tidak terduga. Perencanaan yang solid menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia. Para ahli menyarankan agar pembeli rumah berpikir ke depan untuk memastikan mereka  berada dalam posisi baik untuk hidup nyaman pada kemudian hari.

“Jika mereka berencana menua di rumah tersebut, pastikan lokasi rumah dekat dengan fasilitas medis dan fasilitas penting lainnya,seperti toko kelontong dan toko obat,” kata Trapasso.

4. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda dapatkan dari masa pensiun 

Jika ingin pindah rumah, Trapasso meminta calon pembeli mempertimbangkan berbagai pertanyaan tentang apa yang paling penting? Apakah ingin lebih dekat dengan teman dan keluarga?

“Saran saya adalah agar lansia mencari tahu apa yang paling penting bagi mereka, perhatikan baik-baik keuangan, lalu teliti area mana yang menawarkan apa yang mereka butuhkan dengan harga yang tepat,” ujarnya.

5. Perhatikan area di sekitar rumah 

Area di sekitar rumah sama pentingnya dengan rumah yang Anda beli.  Sangat jarang orang rela pindah rumah jika mereka tidak mencintai kota tempat rumah mereka berada. Penasihat real estate di Douglas Elliman, Jill Preschel, menyarankan untuk mencari komunitas yang bersemangat. Utamanya jika sudah pensiun atau berencana segera pensiun.

“Pensiun dapat membuat dunia terasa lebih kecil, tetapi begitu Anda menemukan rutinitas, hobi, dan komunitas maka dunia Anda mulai berkembang lagi,” ujar Preschel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement