Kamis 05 Jan 2023 09:19 WIB

'Kraken', Subvarian Omicron Agresif yang Sudah Menyebar ke-70 Negara

Subvarian Kraken mampu menyebar dengan cepat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
SARS-CoV-2, virus penyebab Covid 19 (ilustrasi). Subvarian omicron XBB.1.5 menimbulkan lonjakan kasus Covid-19 di AS dan Inggris.
Foto:

Meskipun tingkat rawat inap Covid-19 sedikit meningkat, kasus parah tersebut mungkin tidak mencerminkan XBB.1.5. Kemungkinan besar, itu karena peningkatan penyebaran penyakit terpantau pada pertengahan Desember, sebelum varian kraken sangat lazim.

"Kami hampir menjadi korban dari terlalu banyak sains dalam arti bahwa kami dapat melacak varian baru ini dengan sangat baik, tetapi kami benar-benar tidak tahu bagaimana menafsirkannya dengan baik," kata Swartzberg.

Menurut Swartzberg, vaksin juga masih bekerja dengan baik terhadap XBB.1.5. Data awal menunjukkan booster Covid-19 bivalen baru memberikan perlindungan yang layak terhadap XBB.1.5.

"Ini tidak ideal, tapi lebih baik dari yang seharusnya. Perlindungan yang cukup baik terhadap XBB dalam hal rawat inap dan kematian, mungkin tidak banyak untuk mencegah infeksi," kata Swartzberg.

Untuk pencegahan saat ini, Swartzberg tetap menyarankan untuk tetap mendapatkan vaksin, baik flu maupun Covid-19. Ia merekomendasikan untuk memakai masker seperti N95 atau KN95 setiap kali berada di dalam ruangan atau tempat umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement