Rabu 04 Jan 2023 04:10 WIB

Badan Terasa Sakit-Sakit Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Setiap orang tentu mendambakan bangun tidur dalam keadaan segar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Bangun tidur (ilustrasi). Bangun tidur dengan rasa sakit di badan dapat menyiratkan kondisi tertentu.
Foto: Pixabay
Bangun tidur (ilustrasi). Bangun tidur dengan rasa sakit di badan dapat menyiratkan kondisi tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika bangun tidur, orang tentu berharap tubuhnya kembali menjadi segar dan energik sehingga bisa menjalani hari dengan sempurna. Namun, ada sebagian orang yang justru merasakan sakit pada tubuhnya ketika bangun tidur.

Padahal, mereka merasa tidur nyenyak di malam hari. Apa saja kemungkinan penyebabnya?

Baca Juga

1. Masalah kesehatan

Senior Director and HOD – Internal Medicine and Medical Director, Max Hospital, Gurugram di India, Dr Rajiv Dang, mengatakan bangun dengan nyeri tubuh bisa disebabkan oleh beberapa alasan.

 

"Itu bisa berarti demam, kelelahan setelah menempuh perjalanan, dehidrasi, kontrol diabetes yang buruk, kekurangan tidur, apnea tidur obstruktif, dan lainnya," ungkap Dang, seperti dilansir laman Indian Express, Selasa (3/1/2023).

Director Joint Replacement and Orthopaedics Fortis Escorts, Okhla Road, New Delhi, Dr Aman Dua, mengatakan nyeri tubuh di pagi hari juga merupakan gejala utama radang sendi seperti rheumatoid arthritis.

"Kekakuan di pagi hari adalah gejala yang cukup umum, terutama pada pasien lanjut usia dengan nyeri sendi yang sudah ada sebelumnya," ujar Dua.

Senior Consultant Internal Medicine Paras Hospitals di Gurugram, Dr Sanjay Gupta, mengatakan meskipun nyeri tubuh sering terjadi dan dapat disebabkan oleh kelelahan dan ketidakaktifan, nyeri tersebut juga dapat menjadi tanda dari kondisi lain.

"Meskipun sebagian besar nyeri tubuh tidak berbahaya, tetap penting untuk mengetahui apa penyebabnya dan kapan harus berkonsultasi dengan dokter," ujar Gupta.

Gupta menyebut beberapa orang juga mengeluhkan kekakuan otot saat bangun tidur. Melakukan kerja fisik yang berat, mengangkat beban, atau berolahraga sering menyebabkan otot kaku. Saat Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari atau bangun dari kursi setelah lama duduk diam, Anda juga bisa merasa kaku.

"Paling sering, otot menjadi kaku karena keseleo dan tegang. Keseleo dan ketegangan terkait aktivitas juga dapat menyebabkan nyeri, memar, bengkak, dan membuat gerakan menjadi terbatas," kata Gupta.

2. Posisi tidur

Gupta menyebutkan beberapa penyebab umum nyeri tubuh. Badan mungkin pegal saat bangun karena posisi tidur juga.

Gupta mengatakan posisi tidur yang ideal bervariasi dari orang ke orang. Secara umum, tidur miring bekerja paling baik untuk sebagian besar orang, terutama mereka yang memiliki masalah pernapasan saat tidur, termasuk apnea tidur obstruktif.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement