Jumat 22 Sep 2023 10:36 WIB

Tips Segar Bangun Pagi, Jika Dilakukan tak Lesu Lagi

Apakah Anda termasuk orang yang susah bangun meski alarm sudah berbunyi?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bangun tidur (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bangun tidur terasa menyegarkan.
Foto: republika.co.id
Bangun tidur (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bangun tidur terasa menyegarkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika alarm pagi berbunyi, apakah Anda termasuk sulit bangun dan justru kembali sembunyi di balik selimut? Bangun dari tempat tidur memang sulit, tetapi tidak harus selalu terasa "menyiksa".

“Jika Anda kurang tidur, dibutuhkan waktu lebih lama untuk merasa segar dan waspada saat bangun,” kata Cynthia Fellman-Couture, RN, koordinator penelitian tidur di Henry Ford Health, seperti dilansir laman Henry Ford Health, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga

Menurut dia, saat tidur, aliran darah ke otak berkurang. Saat Anda bangun, kesadaran segera kembali, tetapi kewaspadaan tertinggal. "Semakin banyak Anda kurang tidur, semakin lama pula jeda waktunya," kata dia.

Jika Anda ingin maksimalkan pagi dan bangun dengan segar, lakukan beberapa penyesuaian pada rutinitas pagi dapat membantu Anda merasa lebih berenergi dan waspada ketika bel alarm berbunyi. Berikut adalah lima strategi yang dijamin akan mempercepat langkah itu:

1. Atasi siklus tidur

Ritme sirkadian alami tubuh dirancang untuk bangun dalam keadaan terang dan tidur dalam kegelapan. Lakukan yang terbaik yang Anda bisa untuk meniru pencahayaan tersebut kapan pun Anda bangun dan tidur. Dekati sinar matahari dalam beberapa menit setelah bangun tidur untuk memberi isyarat pada tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk bangun.

Malam kerja? Jaga agar kamar Anda tetap gelap di siang hari sehingga Anda dapat tidur dan menikmati cahaya saat Anda bangun.

2. Jangan tekan tombol tunda di alarm

“Menekan tombol snooze pada alarm berulang kali sebenarnya dapat membuat Anda lebih sulit untuk merasa terjaga dan waspada,” kata Fellman-Couture.

Faktanya, secara konsisten bangun dan tidur selama 10 menit setiap pagi berarti lebih dari satu jam gangguan tidur selama sepekam. Setel alarm ketika Anda benar-benar harus bangun dari tempat tidur dan jangan menekan tombol tunda.

3. Anggap sedang berolahraga

Jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi, olahraga pagi dapat membantu Anda merasa lebih berenergi. Olahraga tidak hanya meningkatkan sirkulasi, tetapi juga menghasilkan hormon yang meningkatkan suasana hati.

Faktanya, bergerak sedikitnya 10 menit saja sudah bisa membuat Anda merasa lebih segar dan waspada. Cobalah keluar untuk berjalan-jalan sebentar, pusatkan diri Anda dengan yoga, atau persiapkan tubuh Anda untuk hari yang sibuk dengan beberapa peregangan ringan.

4. Makan sarapan yang padat

Jika makanan sehari-hari Anda hanya berupa kopi atau kue manis, hal itu dapat menyebabkan kelesuan pada pagi hari. Setelah berpuasa sepanjang malam, tubuh Anda membutuhkan bahan bakar nyata (sebaiknya campuran protein, karbohidrat, dan lemak). Beberapa pilihan padat: oatmeal dengan topping kacang-kacangan dan beri, telur orak-arik dengan roti panggang gandum, atau Greek yogurt rendah lemak dan buah-buahan.

5. Lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia

Mandi yang menyegarkan, bermain dengan hewan peliharaan, membuat jurnal, atau menikmati secangkir kopi kental, lakukan aktivitas pagi yang memberi energi dan membuat Anda merasa bahagia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement