Selasa 03 Jan 2023 04:58 WIB

Toilet Pesawat Buang Kotoran ke Langit? Pilot Beberkan Faktanya

Sebagian pengguna Tiktok terkejut dengan cara kerja sesungguhnya toilet di pesawat.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Cara kerja toilet di pesawat. (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Cara kerja toilet di pesawat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pilot sebuah maskapai penerbangan mengungkapkan yang terjadi ketika penumpang menyiram kotoran saat menggunakan toilet pesawat. Video pilot yang viral di Tiktok ini mendapat respons dari banyak orang, di mana sebagian besar warganet terkejut.

Dalam video yang dibagikan ke Tiktok pada awal bulan Desember 2022, seorang pilot bernama Garrett, @flywithgarrett, membahas toilet pesawat. Dia mencoba menjernihkan mitos tentang apa yang sebenarnya terjadi saat penumpang menyiram kotoran dalam toilet pesawat.

Baca Juga

“Tahukah kalian, setiap kali kalian menyiram kotoran di toilet pesawat, sebenarnya tidak dibuang ke area populasi wilayah di bawahnya,” ujar Garrett sembari bergurau.

Dia menjelaskan, limbah tersebut dibersihkan dari pesawat. Kotoran akan melewati pipa ke bagian belakang pesawat di kompartemen segel, di mana awak darat di tempat tujuan akan membuang semua limbah itu.

 

Dalam video candid, Garrett mencatat berapa banyak kotoran yang dapat menumpuk dari waktu ke waktu, terutama selama penerbangan yang panjang. “Pada (Boeing)747, selama penerbangan jarak jauh, toilet dapat disiram lebih dari seribu kali, menghasilkan lebih dari 320 galon limbah. Itu banyak sekali,” kata dia.

Per 2 Januari 2023, video tersebut telah ditonton lebih dari 4,2 juta kali. Para pengguna Tiktok menanggapi dan mempertanyakan kesalahpahaman bahwa limbah dari toilet pesawat dilepaskan ke langit.

“Ibuku selalu memberitahuku bahwa kotoran dijatuhkan dari pesawat dan akan hancur sebelum jatuh ke dasar,” tulis sebuah akun mengomentari video penjelasan pilot tersebut.

Sebagian warganet lain justru terkejut menyadari kepercayaan keliru yang beredar di antara para penumpang pesawat. “Tunggu, orang-orang benar-benar berpikir itu dibuang di bawah? Jadi menurut mereka ada (sampah) yang jatuh dari langit dan itu bukan (burung)?” tulis lainnya.

Mayoritas pengguna Tiktok yang melihat video tersebut mengatakan, mereka mengetahui proses tersebut sebelum video klarifikasi pilot. Namun hal itu mendorong banyak orang untuk memuji para pekerja yang membersihkan limbah setelah penerbangan.

“Kru darat layak mendapat kenaikan gaji,” tulis seseorang. “Ya, sebagai pramugari saya sangat menyadari hal ini,” tulis lainnya menimpali.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement