Senin 02 Jan 2023 13:28 WIB

5 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi di Tahun Baru 2023

Kontrol porsi dan makan menu kaya protein bisa jadi resolusi tahun baru 2023

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ikan sebagai salah satu makanan sumber protein (ilustrasi)Kontrol porsi dan makan menu kaya protein bisa jadi resolusi tahun baru 2023
Foto: Pixabay
Ikan sebagai salah satu makanan sumber protein (ilustrasi)Kontrol porsi dan makan menu kaya protein bisa jadi resolusi tahun baru 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidup sangat dipengaruhi oleh nutrisi, tetapi mungkin sulit mempertahankan gaya hidup sehat yang menekankan pada makanan bergizi. Dengan dimulainya resolusi Tahun Baru 2023, penting untuk berkonsentrasi pada makan dengan baik dan menjaga berat badan yang sehat.

Dilansir dari india.com pada Senin (2/1/2023), praktek makan sehat tidak hanya mencegah gangguan gaya hidup tetapi juga memungkinkan Anda merasakan kenikmatan penuh dari makanan.

Berikut lima makanan sehat yang harus dikonsumsi di tahun baru 2023 yaitu:

1. Konsumsi Kandungan Omega 3

 

Omega 3 adalah sumber lemak baik dan nutrisinya dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang potensial dan terbukti. Ini memainkan peran penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung, dapat membantu mendukung sistem kekebalan yang sehat dan membantu menjaga kesehatan otak, di antara fungsi lainnya.

2. Makanan Kaya Protein

Makronutrien yang dibutuhkan tubuh Anda dalam jumlah besar agar tetap sehat, protein membantu mengekang hasrat yang tidak perlu, membangun otot tanpa lemak dan mempertahankan berat badan yang sehat. Nutrisi ini juga digunakan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan.

3. Cemilan Sehat

Hindari cemilan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Pilihlah cemilan buah, sayuran, kacang-kacangan dan gandum utuh.

4. Kontrol Porsi

Jangan hanya memperhatikan apa yang Anda makan, tetapi juga perhatikan seberapa banyak Anda makan dan ini tidak terbatas pada pengamat berat badan. Kontrol porsi melibatkan makan campuran makanan yang sehat dalam jumlah terbatas, yang membantu Anda tetap memeriksa berapa banyak kalori yang Anda konsumsi.

5. Memperhatikan Kandungan Nutrisi

Bertujuan untuk diet sehat bukan hanya tentang memotong kalori atau mengontrol porsi, itu juga termasuk memperhatikan bahan dan kandungan nutrisinya. Praktik ini juga membantu Anda mengidentifikasi apakah makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang mungkin membuat Anda alergi atau tidak toleran.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement