Senin 02 Jan 2023 13:03 WIB

Lima Makanan yang Bisa Menangkis Dampak Buruk Polusi

Masuk ke tubuh, polusi akan melepaskan radikal bebas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Lanskap gedung-gedung di Jakarta, Selasa (20/12/2022). Berdasarkan data dari IQAir, indeks kualitas udara Jakarta berada dikategori sedang dengan konsentrasi polusi udara di angka PM2.5. Dampak radikal bebas dari paparan polusi bisa dilawan dengan antioksidan.
Foto:

3. Kacang

Kacang almond memang disebut-sebut punya kandungan antioksidan tinggi. Akan tetapi, daripada membeli kacang impor yang harganya cukup mahal, Puteri memilihkan kacang mete sebagai pengganti almond. Kacang mete juga tinggi antioksidan, sekaligus mengandung vitamin A dan vitamin E.

4. Umbi

Puteri menjelaskan, bahan makanan berwarna ungu dan oranye merupakan makanan dengan antioksidan tinggi. Tak terkecuali ubi jalar ungu dan oranye, yang mengandung vitamin A dan C. Cara mengolahnya pun mudah, bisa disajikan dengan cara digoreng, dikukus, atau dijadikan campuran kolak.

 

5. Ikan

Menyantap ikan bisa membawa dampak baik bagi tubuh, termasuk tenggiri yang kaya omega 3. Meskipun demikian, ikan yang punya kandungan omega 3 tidak menjamin tinggi antioksidan.

Menurut Puteri, tinggi tidaknya kandungan antioksidan pada ikan tergantung pada makanan yang dikonsumsi ikan tersebut. Misalnya, ikan yang mengonsumsi rumput laut, seperti salmon, antioksidannya akan terbilang tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement