Ahad 01 Jan 2023 17:46 WIB

Myalgia Jadi Gejala Paling Dominan di Antara Penderita Covid-19 Saat Ini

Aplikasi pelacak gejala Covid-19 di Inggris ungkap myalgia paling banyak dikeluhkan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Berdasarkan laporan penderita Covid-19 di Inggris melalui aplikasi Zoe, gejala yang kini paling dominan dirasakan ialah myalgia alias nyeri otot.
Foto:

Dilansir laman Express, Ahad (1/1/2023), menurut aplikasi ZOE, daftar lengkap gejala teratas Covid-19 meliputi sakit tenggorokan, pilek, hidung mampet, bersin, dan batuk tanpa dahak. Di samping itu, penderita infeksi SARS-CoV-2 juga banyak yang mengeluhkan sakit kepala, batuk berdahak, suara serak, sakit dan nyeri otot, dan berubahnya indra penciuman.

Di Inggris, isolasi mandiri tidak lagi diwajibkan. Meski begitu, UK Health Security Agency (UKHSA) menyerukan agar orang yang merasa tidak sehat untuk tidak bersosialisasi selama musim perayaan tahun baru.

"Covid-19 dan flu sama-sama dapat menyebabkan penyakit parah atau bahkan kematian bagi mereka yang paling rentan di komunitas kita. Jadi penting juga untuk menghindari kontak dengan orang lain jika tubuh tidak sehat demi membantu menghentikan penyebaran infeksi selama periode Natal dan tahun baru," kata Direktur Program Kesehatan Masyarakat UKHSA, Dr Mary Ramsay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement