Ahad 01 Jan 2023 23:14 WIB

Tips Bersihkan Kamar Mandi dalam 30 Menit

Kamar mandi ternyata bisa dibersihkan hanya dalam waktu 30 menit.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Kamar mandi ternyata bisa dibersihkan hanya dalam waktu 30 menit.
Foto: www.pixabay.com
Kamar mandi ternyata bisa dibersihkan hanya dalam waktu 30 menit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membersihkan kamar mandi adalah tugas penting, namun bagi banyak orang, itu adalah tugas yang tidak disukai karena merepotkan. Sebagian orang juga tidak punya waktu untuk menghabiskan waktu menggosok kloset, wastafel, bak, dan ubin kamar mandi.

Teknisi pembersihan rumah bersertifikat dari Mattressive, Hugo Guerrero, membagikan kiat yang memungkinkan aktivitas membersihkan kamar mandi dilakukan secara sederhana namun efektif. Berikut langkah-langkah pembersihan yang bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 30 menit.  

Baca Juga

 

- Rapikan terlebih dahulu

Guerrero menyarankan untuk merapikan kamar mandi terlebih dahulu. Ambil keranjang dan muatlah berbagai barang yang tidak seharusnya ada di sana, seperti pernak-pernik, sampah, juga pakaian kotor dan handuk di gantungan. Ini akan memudahkan pembersihan dan membantu fokus pada area yang akan dibersihkan.

 

- Mulai dengan kloset

Banyak orang menunda membersihkan kloset karena menganggapnya area yang paling kotor. Guerrero menyarankan untuk membersihkan kloset terlebih dahulu. Gosok bagian dalamnya, lalu gunakan cairan pembersih dengan spons atau kain mikrofiber untuk menyeka bagian luar, termasuk dudukan dan tutupnya.  

 

- Wastafel dan konter

Setelah kloset selesai, beralihlah ke wastafel dan konter tempat meletakkan sabun, sikat gigi, dan peralatan mandi lain. Mungkin ada noda sabun atau ceceran pasta gigi yang menempel dan harus dibersihkan. Sebab, jika menumpuk, bisa membuat permukaan wastafel dan konter menjadi kotor serta menarik bakteri.

 

- Pancuran atau bak mandi

Area ini cenderung paling berisiko untuk pertumbuhan jamur dan lumut karena kelembapan. Saran dari Guerrero, gunakan cairan pembersih untuk menggosok permukaan dinding bak dan ubin di bawah pancuran. Jangan lupa membersihkan kepala dan gagang pancuran.

Ada kiat tambahan dari Guerrero untuk membersihkan kamar mandi yang memiliki pancuran dan sekat kaca. Gunakan pembersih kaca dan semprotkan ke permukaannya, kemudian pakai handuk kertas atau lap untuk menyekanya. Jika ada kotoran di tirai kamar mandi, gunakan campuran air dan baking soda untuk menggosoknya.

 

- Lantai kamar mandi

Membersihkan lantai kamar mandi menjadi penutup untuk seluruh rangkaian ini. Jika lantai kamar mandi dilapisi alas, kibaskan atau pakai penyedot debu untuk menghilangkan kotoran. Secara berkala, cuci dan ganti alas kamar mandi. Pembersihan mendalam dan sanitasi kamar mandi secara menyeluruh sebaiknya dilakukan minimal sepekan sekali, dikutip dari laman House Digest, Sabtu (31/12/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement