Kamis 29 Dec 2022 23:02 WIB

8 Resolusi Tahun Baru demi Hidup Lebih Baik

Delapan resolusi ini bisa dicoba karena berdampak positif bagi hidup.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Delapan resolusi ini bisa dicoba karena berdampak positif bagi hidup.
Foto: Pxfuel
Delapan resolusi ini bisa dicoba karena berdampak positif bagi hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat perubahan yang positif memang tak harus menunggu datangnya pergantian tahun. Namun, tak ada salahnya menjadikan pergantian tahun sebagai momen untuk mengawali perubahan positif tersebut, salah satunya dengan membuat resolusi tahun baru.

Resolusi tahun baru tak harus berisikan target perubahan yang besar. Tak jarang, resolusi tahun baru yang terlampau besar justru sulit untuk diwujudkan.

Baca Juga

Kunci keberhasilan dalam mewujudkan resolusi tahun baru adalah dengan menentukan target yang mungkin dicapai. Bila masih belum menentukan resolusi tahun baru untuk 2023, berikut ini adalah beberapa ide resolusi tahun baru sederhana dan bisa berdampak besar yang patut dicoba, seperti dilansir Times Now News, Kamis (29/12/2022).

 

 

Perbaiki Tidur

Aktivitas yang padat hingga distraksi dari beragam gawai bisa dengan mudah mengganggu kualitas tidur. Padahal, kurang tidur yang terjadi terus-menerus bisa memunculkan beragam masalah kesehatan serius.

Usahakan untuk tidur setidaknya 6-8 jam per hari demi kesehatan yang lebih baik di masa mendatang. Beberapa trik seperti menjauhkan gawai dari kamar tidur, membuat suasana kamar tidur gelap dan sejuk, hingga membuat jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari bisa mempermudah mewujudkan resolusi ini.

 

Bijak Membelanjakan Uang

Saat ini, kondisi perekonomian dunia sedang tidak begitu baik. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri secara finansial dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan lebih memperbanyak tabungan.

 

Lakukan Pekerjaan Sukarela

Berpartisipasi sebagai relawan hingga mendonasikan uang ke organisasi sosial juga dapat dilakukan untuk membuat suatu perubahan dalam hidup. Perubahan ini tak hanya berkenaan dengan diri sendiri tetapi juga orang lain dan lingkungan di sekitar.

 

Rutin Berolahraga

Di tengah gempuran beragam masalah kesehatan dan pandemi, kesehatan dan kebugaran tubuh perlu menjadi prioritas. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapainya adalah berolahraga rutin. Kebiasaan berolahraga ini bisa dimulai dengan hal yang paling ringan terlebih dahulu.

 

Jaga Kebersihan Rumah

Kondisi rumah yang kotor dan berantakan bisa membawa dampak kurang baik bagi kesehatan fisik dan juga mental. Coba untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah dengan membuang sampah secara teratur, membersihkan sudut ruangan, menyapu setiap hari, dan mengelap rak agar tak menjadi "sarang" kotoran serta debu.

 

Perbanyak Jalan Kaki

Gaya hidup yang tak aktif dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Memperbanyak jalan kaki dalam melakukan berbagai aktivitas dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah diri sendiri terperangkap dalam gaya hidup tak aktif.

 

Donasikan Baju Lama

Menyimpan terlalu banyak baju di lemari merupakan praktik yang sebaiknya dihindari. Alih-alih membiarkan baju tersimpan di lemari tanpa terpakai, coba sumbangkan baju yang sudah jarang digunakan dan masih layak pakai kepada orang lain yang membutuhkan.

 

Setop Menyiakan Makanan

Setiap hari, ada jutaan ton makanan yang terbuang di dunia. Setiap orang bisa berkontribusi untuk membuat perubahan yang lebih baik dengan cara menahan diri dari perilaku mubazir.

Coba untuk tidak memesan makanan yang terlalu banyak dan menakar porsi makanan saat memasak di rumah. Bila memiliki makanan lebih, bagikan makanan tersebut ke orang lain yang membutuhkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement