Senin 26 Dec 2022 19:07 WIB

Kulit Juga Rentan Kering Saat Cuaca Dingin, Konsumsi Sembilan Makanan Ini

Asupan makanan bernutrisi bisa membantu mengatasi kulit kering.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Asupan makanan bernutrisi bisa membantu mengatasi kulit kering.
Foto: www.freepik.com.
Asupan makanan bernutrisi bisa membantu mengatasi kulit kering.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca dingin juga menyebabkan kelembapan kulit menghilang. Tangan bisa terasa kering, bibir kering, bahkan hidung pun menjadi kering. Terkadang untuk mendapatkan kelembapan perlu mengoleskan pelembap.

Minum banyak air adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuat kulit tetap lembap. Namun, pola makan yang sarat dengan vitamin dan mineral juga bisa melembapkan kulit.

Baca Juga

Studi menemukan bahwa konsums vitamin dan nutrisi memengaruhi kualitas kulit secara keseluruhan. Itu sebabnya penting untuk memasukkan nutrisi yang berasal dari makanan bergizi. Berikut ini adalah sembilan makan sebagai sumber nutrisi yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit selama musim dingin, dilansir dari CNet, Senin (26/12/2022).

 

1. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin A dan C yang bagus untuk kulit. Meskipun vitamin A dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, vitamin A juga dapat mencegah kulit menjadi terlalu kering. Vitamin C, di sisi lain, dapat membantu meningkatkan kolagen di kulit.

 

2. Ikan salmon

Salmon kaya akan protein dan juga dikenal mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah besar. Asam lemak ini adalah minyak yang membantu menjaga produksi minyak kulit, serta menjaganya agar tetap terhidrasi. Omega-3 juga dapat membantu mengatasi jerawat.

 

3. Biji bunga matahari

Seperempat cangkir biji bunga matahari mengandung hampir setengah dari nilai vitamin E harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Kulit akan mendapatkan banyak kebaikan anti-inflamasi darinya. Vitamin yang bermanfaat ini secara alami terjadi pada lapisan minyak kulit, yang membantu menjaga pelindung tetap terlindungi dan terhidrasi.

 

4. Jeruk

Jeruk mengandung banyak vitamin C. Saat cuaca dingin, mulailah hari dengan makan satu buah jeruk atau segelas jus jeruk asli. Kebiasaan ini akan memberi tambahan vitamin C dan sumber potasium harian.

 

5. Bayam

Mulailah makan bayam sebagai salad, lauk, atau dimasak menjadi sup hangat karena manfaatnya yang dapat membantu mengatasi kulit kering. Bayam mengandung vitamin C, K, serta potasium. Kalium juga merupakan nutrisi yang bagus untuk diperhatikan yang terkandung dalam bayam.

 

6. Paprika merah

Paprika merah memiliki banyak nilai gizi yang menjadi sumber vitamin A dan C yang baik. Keduanya sangat membantu memproduksi kolagen, hidrasi kulit, dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Paprika merah juga mengandung vitamin K yang juga meningkatkan kolagen dan vitamin E yang dapat membantu mengurangi peradangan akibat kerusakan dan kekeringan.

 

7. Almond

Almond adalah sumber vitamin E yang membantu melindungi kulit sekaligus kelembapan di dalamnya sehingga kulit tetap terhidrasi. Selain membantu menjaga kelembapan kulit, almond adalah sumber protein dan serat yang baik.

 

8. Tiram mentah

Tiram tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak, yang berarti tiram adalah makanan yang baik untuk dimakan untuk diet sehat. Tiram kaya akan zinc, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kulit dengan membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh kekeringan.

 

9. Hati sapi

Hati sapi kaya akan vitamin A. Vitamin esensial ini membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV yang kuat dan membantu kulit gatal kronis, seperti psoriasis, dengan mendorong retensi kelembapan. Bahkan hati sapi dapat membantu mencegah kanker kulit dan jerawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement