Jumat 23 Dec 2022 22:23 WIB

Rambut Rontok Bisa Bertambah Parah karena Empat Kebiasaan Ini

Ada beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kerontokan rambut.

Rep: MGROL142/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kerontokan rambut.
Foto: www.freepik.com.
Ada beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kerontokan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki rambut yang sehat, berkilau, dan kuat tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, seorang Ahli Dermatology dan Cosmetology di ClinicSpots, Dr Anju Methil, mengatakan, terdapat kebiasaan yang mampu meningkatkan kerontokan pada rambut.

Dilansir dari laman Shefinds, Jumat (23/12/2022), berikut beberapa kebiasaan yang harus dihindari agar rambut rontok tidak bertambah parah.

Baca Juga

 

Keramas dengan air terlalu panas

 

Air panas dapat mengeringkan kulit kepala, serta menghilangkan kelembapan dan minyak alami rambut. Tetapi, air dingin juga tidak cukup efisien untuk membersihkan. 

“Air yang panas akan membuat akar rambut anda lemah, akibatnya rambut menjadi keriting dan mengalami kerusakan dan pada akhirnya menyebabkan rambut rontok,” ungkap Dr. Anju.

Gunakan air hangat suam-suam kuku untuk membantu membuka folikel rambut, membersihkan hingga menghilangkan kotoran. Setelah itu bilas rambut dengan air dingin, karena air dingin akan membantu menutup folikel dan mencegah rambut kusut. 

 

Mengeringkan rambut basah dengan handuk

Rambut berada pada kondisi paling rapuh ketika basah. Menggosoknya secara kuat dengan handuk dapat menyebabkan kerusakan hingga kerontokan, juga mencuri kelembapan alami. 

Ketika selesai keramas, peras rambut basah dengan lembut menggunakan tangan secara perlahan. Lalu bungkus rambut dengan handuk mikrofiber, dan biarkan untuk menyerap sisa air.

“Menggosok handuk dengan berlebihan dapat menyebabkan rambut kusut secara signifikan, rambut juga menjadi rontok karena banyaknya tekanan yang diberikan,” jelas Dermatolog tersebut.

 

Menyisir rambut basah ketika selesai keramas

Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, karena dapat menyebabkan kerusakan rambut hingga menambah kerontokan. Hal ini dikarenakan pori-pori kulit kepala sudah terbuka saat keramas, sehingga membuat akar rambut menjadi sangat sensitif. 

“Untaian rambut yang basah lebih rentan untuk membelah dan patah, menyebabkan kerontokan rambut yang lebih besar dari waktu ke waktu,” jelasnya lagi.

 

Mengeringkan rambut dengan suhu tinggi

Menggunakan pengering rambut pada suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan, dan penipisan lebih lanjut. Dr. Anju menyarankan untuk membiarkan rambut kering dengan sendirinya sekitar 30 menit. 

“Rambut kehilangan kelembapan karena panas, menjadi rapuh dan kering sehingga mudah patah dan menyebabkan kerontok rambut. Rambut anda menerima panas yang luar biasa,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement