Jumat 23 Dec 2022 16:39 WIB

Dampak Stunting tidak Hanya pada Fisik Tetapi Juga Kesehatan Anak

Stunting bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak hingga menyebabkan kematian.

Stunting bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak hingga menyebabkan kematian.
Foto: Republika/Mardiah
Stunting bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak hingga menyebabkan kematian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis anak di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, dr. Irma Sri Hidayati, mengingatkan, beberapa dampak ketika anak mengalami stunting, termasuk meningkatnya angka kesakitan anak karena pengaruh sistem imun yang menurun. "Stunting itu bukan masalah pendeknya yang dikhawatirkan tapi dampaknya, yaitu stunting syndrome di mana dengan adanya kondisi stunting akan berdampak pada meningkatnya morbiditas, angka kesakitan dan angka kematian anak karena sistem imun anak tersebut akan turun," ujar Irma dalam diskusi Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan diikuti virtual dari Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Imunitas yang turun akibat sindrom stunting membuat anak rentan terkena infeksi. Dia menjelaskan, terdapat pula dampak jangka panjang seperti anak yang mengalami stunting tidak dapat mencapai kapasitas fisik serta kognitif atau kecerdasannya. Hal itu akan berdampak kepada kondisi anak tersebut dalam jangka panjang ketika beranjak dewasa, terutama terkait kemampuan sosial ekonominya.

Baca Juga

"Itu yang dikhawatirkan pemerintah bagaimana masa depan anak-anak Indonesia bila mereka stunting," katanya.

Stunting sendiri adalah gangguan perkembangan anak baik tubuh maupun otak yang disebabkan faktor gizi buruk, paparan infeksi berulang dan kurangnya stimulasi. Stunting dapat dipengaruhi oleh status kesehatan ibu hamil, pola makan balita, ekonomi, budaya maupun faktor lingkungan contohnya sanitasi dan adanya akses akan layanan kesehatan.

Menurut Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, ditemukan fakta bahwa 1 dari 4 anak Indonesia mengalami stunting. Sehingga, kurang lebih terdapat 5 juta anak Indonesia yang mengalami kondisi tersebut, berdasarkan data Kemenkes.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement