Jumat 23 Dec 2022 16:36 WIB

BTS Duduki Puncak Daftar Artis Terlaris di Jepang 2 Tahun Berturut-turut

BTS menjadi artis non-Jepang pertama yang menempati peringkat teratas

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
uperband K-pop BTS menjadi artis luar negeri pertama yang memuncaki total peringkat penjualan tahunan di pelacak musik di Jepang, Oricon untuk dua tahun berturut-turut.
Foto: BTS_twit
uperband K-pop BTS menjadi artis luar negeri pertama yang memuncaki total peringkat penjualan tahunan di pelacak musik di Jepang, Oricon untuk dua tahun berturut-turut.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Superband K-pop BTS menjadi artis luar negeri pertama yang memuncaki total peringkat penjualan tahunan di pelacak musik di Jepang, Oricon untuk dua tahun berturut-turut. Menurut peringkat tahunan 2022 yang diungkapkan Oricon, grup beranggotakan tujuh orang itu menduduki posisi No. 1 baik dalam peringkat total maupun peringkat digital kategori penjualan artis.

Dilansir Yonhap News pada Jumat (23/12/2022), grafik penjualan artis di Oricon memeringkat artis berdasarkan penjualan single, album, DVD, dan konten streaming mereka. BTS menjadi artis non-Jepang pertama yang menempati peringkat teratas pada tahun lalu.

Bahkan, ketika artis Jepang dimasukkan dalam daftar yang sama, ternyata hanya empat artis, termasuk BTS (yang naik tahta dua kali berturut-turut). BTS juga menduduki posisi pertama dalam peringkat digital yang didorong oleh streams lagu megahit "Dynamite", "Butter", dan "Permission to Dance", serta unduhan versi digital dari album antologinya Proof.

"Kami dapat menerima penghargaan ini berkat ARMY dan banyak orang lain yang menyukai musik kami," kata grup tersebut melalui agensinya, Big Hit Music.

BTS menyatakan mereka senang dapat mengadakan konser di berbagai tempat dan bertemu dengan penggemarnya, ARMY di seluruh dunia pada tahun ini. “Kami akan mengerahkan upaya untuk menjadi artis yang membalas cinta dengan musik yang lebih baik,” ujar BTS.

Dilansir Soompi, Oricon menerbitkan peringkat tahunan album dan single terlaris di Jepang setiap tahun. Pada tahun lalu, BTS menjadi artis asing pertama yang menduduki peringkat artis akhir tahun Oricon, yang memeringkat artis terlaris tahun ini di Jepang. Peringkat tahunan ditentukan dengan menghitung total penjualan single, album, dan DVD artis, serta data streaming selama setahun penuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement