Jumat 23 Dec 2022 12:01 WIB

4 Cara Pertahankan Gaya Hidup Sehat demi Hidup Lebih Lama

Gaya hidup yang tidak sehat berkontribusi pada kematian dini dan penyakit kronis.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Menjadi sehat bisa diawali dengan mengonsumsi makanan yang sehat.
Foto: www.freepik.com
Menjadi sehat bisa diawali dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mempertahankan gaya hidup sehat sangat penting untuk dilakukan. Mulai sekarang, Anda harus menerapkan pola makan yang benar dan beraktivitas fisik untuk menjaga kesehatan dan juga bisa hidup lebih lama.

 

Baca Juga

Dilansir dari intelligent living pada Jumat (23/12/2022), gaya hidup yang tidak sehat berkontribusi pada kematian dini dan penyakit kronis. Solusi satu-satunya untuk hidup lebih lama adalah lebih fokus pada pencegahan penyakit.

Berikut empat cara untuk mempertahankan gaya hidup sehat agar hidup lebih lama yaitu:

 

Diet Sehat

 

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, asam lemak omega-3 dan lemak sehat merupakan komponen penting dari diet bergizi. Jenis diet ini dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

 

Namun, diet sehat juga mengorbankan beberapa makanan kurang bergizi yang mungkin Anda nikmati. Jenis makanan yang Anda makan menentukan keseimbangan diet Anda. Untuk mencapai keseimbangan ini, Anda bisa menghilangkan beberapa makanan kurang bergizi yang mungkin biasa Anda konsumsi secara teratur.

 

Anda dapat menghubungi ahli gizi untuk memperbaiki kebiasaan makan dan pola makan sehari-hari. Mereka dapat memberi Anda rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan status dan tujuan kesehatan Anda saat ini.

 

Berat Badan Sehat

 

Mempertahankan berat badan yang sehat tergantung pada indeks massa tubuh (BMI). Dengan mengukur BMI, Anda akan dapat mengetahui posisi berat badan Anda sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

 

Untuk mengukur BMI, Anda dapat membagi berat badan seseorang dengan tinggi badannya. BMI orang yang normal itu antara 18,5 dan 24,9.

 

Aktivitas Fisik

 

Menjadi bugar secara fisik akan membantu Anda menjadi bugar secara mental juga. Aktivitas fisik bisa memperkuat saraf dan merangsang otot. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, pergi ke gym selama setengah jam dapat mengubah gaya hidup Anda sepenuhnya.

 

Orang yang terus-menerus bekerja di depan komputer lebih mungkin mengalami kram. Ini adalah tanda dari kehidupan yang tidak sehat. Jika Anda dapat terus berolahraga setiap hari, Anda akan dapat tetap bugar dan bekerja dengan baik.

 

Berhenti Merokok

 

Merokok berbahaya bagi kesehatan. Anda semua pernah melihat ini tertulis di setiap bungkus rokok. Merokok membahayakan kesehatan Anda dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Jika Anda merokok, penting untuk berhenti sesegera mungkin untuk meningkatkan kesehatan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama.

 

Jika Anda ingin hidup sehat dan panjang, Anda harus berhenti merokok. Merokok tidak akan membawa kebaikan bagi Anda, tetapi kemungkinan besar akan menyebabkan kehidupan yang sulit dan tidak sehat dalam jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement