Kamis 22 Dec 2022 12:52 WIB

Bukan Penuaan Alami, Lima Hal Ini Ternyata Gejala Demensia

Ada hampir 10 juta kasus demensia baru yang ditemukan setiap tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada hampir 10 juta kasus demensia baru yang ditemukan setiap tahun.
Foto:

Demensia cukup sulit didiagnosis karena terkadang gejala yang muncul mirip seperti gejala yang terjadi akibat proses penuaan alami. Studi yang dilakukan Alzheimer's Society bahkan menemukan bahwa satu dari empat penyandang demensia membutuhkan waktu minimal dua tahun untuk bisa terdiagnosis.

Hal ini diperkuat dengan hasil survei yang dilakukan terhadap 1.019 pasien demensia dan orang-orang yang merawat mereka. Survei ini menemukan bahwa 42 persen orang kesulitan untuk mendapatkan pertolongan karena mereka tak bisa membedakan gejala demensia dengan penuaan alami.

"Mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali itu bukan tanda penuaan, itu tanda dia sakit (demensia)," lanjut CEO Alzheimer's Society, Kate Lee.

Terdiagnosis dengan demensia memang bisa terasa cukup menakutkan. Akan tetapi, diagnosis demensia yang ditegakkan lebih dini bisa membawa manfaat bagi pasien.

"(Penegakkan diagnosis) memberikan mereka akses penting ke pengobatan, layanan dan dukungan, serta waktu untuk merencanakan masa depan," ujar Lee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement