Kamis 22 Dec 2022 00:45 WIB

Sering Olahraga, Risiko Alami Gejala Parah Covid-19 Tampak Lebih Rendah

Ada banyak faktor yang memengaruhi keparahan gejala Covid-19.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Warga menggunakan sepeda berolahraga di Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung, Jawa Barat. Orang yang aktif berolahraga cenderung lebih rendah risikonya untuk mengembangkan gejala parah Covid-19.
Foto:

Young menjelaskan studi itu memberikan bukti baru untuk menginformasikan intervensi yang tepat di seluruh kelompok demografis. Penulis senior dan dokter kedokteran keluarga dan olahraga, Robert Sallis, setuju dengan hasil penelitian itu. Dia menjelaskan bahwa temuan itu menunjukkan perlunya dokter menekankan kepada pasien bahwa vaksinasi dan lebih aktif secara fisik adalah dua hal terpenting untuk mencegah Covid-19 parah.

"Studi kami memberikan bukti baru untuk menginformasikan intervensi yang tepat di seluruh kelompok demografis," kata Sallis.

Menurut layanan kesehatan nasional Inggris (NHS), orang lain yang berisiko tinggi terkena Covid-19 antara lain ialah penderita kanker jenis tertentu, kondisi tertentu memengaruhi darah, penyakit ginjal kronis, penyakit hati yang parah, kondisi peradangan tertentu, dan suatu kondisi yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Demikian juga dengan orang dengan kondisi yang memengaruhi otak atau saraf, orang dengan ketidakmampuan belajar yang parah atau ganda, dan orang yang sistem kekebalannya melemah karena perawatan medis.

Gejala umum Covid-19 meliputi suhu tinggi atau menggigil, batuk baru yang terus-menerus, kehilangan atau perubahan pada indra penciuman atau perasa, sesak napas, merasa lelah, tubuh yang sakit, dan sakit kepala. Sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau berair, kehilangan selera makan, diare, dan merasa sakit atau kesakitan juga bagian dari gejalanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement