Rabu 21 Dec 2022 14:38 WIB

Cek Ini Dulu Sebelum Liburan Agar Tenang dan Aman

Ada sejumlah hal yang harus diperiksa agar liburan lebih aman.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Ada sejumlah hal yang harus diperiksa agar liburan lebih aman.
Foto: Piqsels
Ada sejumlah hal yang harus diperiksa agar liburan lebih aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi di film Home Alone bisa menjadi gambaran jika keluarga pergi liburan tanpa mengantisipasi keamanan rumah yang optimal. Bagaimanapun, saat ditinggal selama beberapa waktu, kita perlu memastikan rumah selalu dalam kondisi aman.

Hal pertama yang wajib tentunya mengunci pintu dan pagar. Jika perlu, titipkan rumah kepada orang yang bisa dipercaya seperti tetangga atau saudara, untuk menjaga atau mengawasi jika ada hal mencurigakan. Mereka juga bisa dimintai tolong untuk mengecek secara berkala surat dan paket yang datang.

Baca Juga

Sebelum menitipkan rumah, bersihkan dahulu rumah secara menyeluruh. Buang semua sampah, termasuk sisa makanan yang tidak akan bertahan lama setelah ditinggal liburan. Dengan begitu, saat pulang dari pelesiran, bisa langsung istirahat tanpa memikirkan rumah yang kotor. 

Langkah berikutnya, beri tahu bank atau penyedia kartu kredit bahwa Anda sedang bepergian. Sebagian besar lembaga kartu kredit dan perbankan mengizinkan nasabah mengubah statusnya menjadi "bepergian" di aplikasi atau situs web. Bisa juga menghubungi perusahaan melalui panggilan telepon agar akses terhadap layanan tetap lancar saat bepergian.

Sebelum berangkat, pastikan paket data ponsel tersedia agar komunikasi selama perjalanan berjalan lancar. Apalagi, bila di rumah, Anda cukup tergantung pada layanan WiFi. Cek apakah destinasi yang dituju bisa memfasilitasi kartu SIM dari operator yang Anda pakai. Jika tidak, persiapkan terlebih dahulu kartu SIM cadangan dengan paket seluler dan pulsa yang memadai.

Memeriksa ulang semua reservasi dengan cara melakukan konfirmasi tiket ataupun hotel perlu juga dilakukan untuk menghindari kesalahan informasi saat kedatangan. Pastikan membawa semua hal yang perlu dibawa, seperti kartu identitas dan obat-obatan pribadi, dikutip dari laman Travel and Leisure, Rabu (21/12/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement