Rabu 21 Dec 2022 14:11 WIB

Liburan Akhir Tahun, Sejumlah Persiapan Ini Harus Matang

Ada baiknya membuat daftar persiapan agar liburan berjalan lancar.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Ada baiknya membuat daftar persiapan agar liburan berjalan lancar.
Foto: Pixabay
Ada baiknya membuat daftar persiapan agar liburan berjalan lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat daftar periksa alias checklist akan membuat persiapan perjalanan menjadi lebih matang. Dengan begitu, liburan bisa berjalan lancar, baik itu pelesiran seorang diri, bersama pasangan, bersama keluarga, atau melancong dengan teman dan sahabat.

Sudah memilih destinasi wisata, sudah memesan hotel, dan tiket pesawat sudah di tangan. Sekarang, yang harus dilakukan adalah berkemas. Barang-barang yang rencananya akan dibawa dalam perjalanan sebaiknya dituliskan terlebih dahulu pada daftar periksa.

Baca Juga

Selain itu, seseorang perlu mengecek berbagai kondisi sebelum berangkat pelesiran. Berikut sejumlah hal yang perlu dilakukan dan dipertimbangkan saat mengemas barang untuk liburan, dikutip dari laman Travel and Leisure, Rabu (21/12/2022).

 

Cek kondisi cuaca

Periksa cuaca di tempat tujuan pada hari-hari menjelang perjalanan. Perkirakan pula cuaca saat waktu liburan, yang kini sudah bisa dicek di beragam aplikasi. Ini akan membantu menentukan strategi pengepakan, seperti perlunya membawa jaket tebal atau payung.

 

Fasilitas di tempat menginap

Periksa apakah akomodasi menawarkan layanan binatu, atau tersedia laundry kiloan dekat tempat menginap. Jika ada, akan sangat membantu mengurangi jumlah pakaian yang dibawa. Seseorang bisa mengemas setengah pakaian dan mencucinya saat liburan.

 

Kemas dalam satu palet warna

Untuk membuat barang bawaan lebih tertata rapi, coba kemas pakaian dalam satu palet warna. Bukan cuma soal estetika, cara ini pun memudahkan agar beberapa item busana dapat dipadupadankan dengan mudah selama masa pelesiran.

 

Cek ulang sebelum pergi

Jika sudah ada daftar periksa, kumpulkan dulu semua barang yang hendak dikemas, lalu tinggalkan setidaknya selama beberapa jam.  Setelah itu, kembalilah dan tanyakan pada diri sendiri, apakah setiap barang itu benar-benar perlu untuk dibawa saat liburan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement