Rabu 21 Dec 2022 00:20 WIB

Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol, Perlu Makan Berapa Banyak?

Bawang putih bisa turunkan kolesterol tapi efeknya tidak sekuat mengonsumsi statin.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Bawang putih (Ilustrasi). Asupan bawang putih dapat meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi alias kolesterol baik.
Foto:

Bawang putih juga memiliki efek khusus pada fungsi hati untuk meningkatkan sekresi asam empedu, membantu pemecahan dan ekskresi kolesterol.

Namun, dr Lee mengingatkan kendati bawang putih aman dan secara umum dapat ditoleransi dengan baik, terkadang konsumsinya bisa mengganggu beberapa obat seperti antikoagulan, antivirus, dan antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Jadi, jika minum obat secara teratur, selalu konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi suplemen bawang putih.

photo
Kolesterol. - (Republika)

Lebih aman dan lebih mudah untuk menambahkan bawang putih secara teratur ke dalam masakan. Bawang putih tampaknya menurunkan kolesterol, tetapi efeknya tidak sekuat mengonsumsi statin.

Apakah kadar kolesterol Anda terlalu tinggi?

Tingkat kolesterol total yang sehat dalam darah dianggap lima atau kurang milimol per liter. Lebih khusus lagi, tingkat lipoprotein densitas tinggi yang sehat adalah satu atau lebih mmol/l. Seseorang harus memiliki empat atau kurang mmol/l lipoprotein densitas rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement