Senin 19 Dec 2022 21:30 WIB

Setelah 21 Tahun Bertugas, Angelina Jolie Tinggalkan Perannya di UNHCR

Angelina Jolie sudah bekerja sama dengan UNHCR sejak 2001.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok oleh International Rescue Committee (IRC) memperlihatkan aktris dan aktivis asal AS, Angelina Jolie (kiri), berbicara dengan seorang perempuan korban banjir di kamp pengungsi di Dadu, Provinsi Sindh, Pakistan, 20 September 2022 (dirilis 21 September 2022).
Foto:

Tahun lalu, Jolie mengaku memiliki kekhawatiran atas peningkatan pengungsi secara global sementara pemerintah dunia tidak cukup berbuat untuk mengatasi penyebab masalah tersebut. Dibandingkan dengan ketika dia bekerja dengan UNHCR 20 tahun lalu, tampaknya sebagian besar pemerintah telah menyerah pada diplomasi negara-negara yang paling sedikit melakukan yang terbaik untuk mendukung para pengungsi.

Negara-negara berkembang menjadi tuan rumah bagi lebih dari 80 persen pengungsi dunia. UNHCR juga mengumumkan pada bulan Mei bahwa jumlah pengungsi mencapai 100 juta untuk pertama kalinya.

Berbicara kepada AP pada bulan Agustus, Grandi memuji upaya Uni Eropa untuk membantu pengungsi Ukraina, tetapi memohon para pemimpin dunia untuk mengingat krisis kemanusiaan lainnya yang dibantu dengan penggalangan dana oleh lembaganya. Masalah besar yang dimiliki saat ini, menurut Grandi, adalah warga dunia cenderung meminggirkan semua krisis lain yang diderita orang, merujuk perang Rusia di Ukraina.

Ada banyak kategori "pendukung terkemuka" yang terdaftar di situs web UNHCR, terutama Cate Blanchett, Neil Gaiman, dan Mahira Khan. Menanggapi permintaan komentar tambahan oleh The Associated Press, badan PBB tersebut menolak memberikan rincian lebih lanjut. Mereka juga enggan menjelaskan utusan khusus lain yang akan menggantikan Jolie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement