Jumat 16 Dec 2022 06:30 WIB

Teraba Benjolan di Sisi Kanan Perut? Bisa Jadi Itu Gejala Kanker Usus

Kanker usus dapat ditandai dengan adanya benjolan di sisi kanan perut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Gejala kanker usus ditandai dengan adanya benjolan di sisi kanan perut, bukan kiri.
Foto: Republika/Prayogi
Sakit perut (Ilustrasi). Gejala kanker usus ditandai dengan adanya benjolan di sisi kanan perut, bukan kiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker usus yang disebut juga sebagai kanker kolorektal dimulai di usus besar dan rektum. Akibatnya, banyak gejala awal yang terlihat saat menggunakan kloset, seperti adanya darah di tinja.

Selain itu, ada tanda-tanda lain yang harus diwaspadai. Menurut Cancer Research UK, salah satu gejala tersebut adalah benjolan di sisi kanan perut.

Baca Juga

"Benjolan yang dapat dirasakan dokter Anda di bagian belakang atau perut, lebih sering di sisi kanan," ujar Cancer Research UK, seperti dilansir laman Express, Kamis (15/12/2022).

Gejala lain dari kanker usus meliputi pendarahan rektum atau darah di tinja. Gejala lainnya perubahan kebiasaan normal buang air besar, seperti buang air besar lebih encer, lebih sering buang air besar, atau sembelit.

Bukan hanya itu, gejala lainnya adalah perasaan perlu mengejan, seolah-olah Anda perlu buang air besar, bahkan setelah buang air besar. Penderita kanker usus juga bisa mengalami kehilangan berat badan, nyeri di perut, atau sekitar anus. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, ada baiknya Anda mengunjungi dokter umum.

"Anda harus menemui dokter jika melihat perubahan yang tidak normal  atau jika ada kemungkinan tanda dan gejala kanker," ujar badan amal tersebut.

Bahkan, jika Anda khawatir tentang gejalanya, jangan tunda untuk memeriksakannya. Cancer Research UK mengingatkan kekhawatiran Anda tidak mungkin hilang jika tidak memeriksakan diri.

Gejala itu mungkin bukan karena kanker. Tetapi jika betul, semakin dini diambil, semakin tinggi peluang keberhasilan pengobatan. Dokter kemudian mungkin perlu memeriksa Anda dan mungkin melakukan tes, termasuk tes darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement