Rabu 14 Dec 2022 06:30 WIB

Khawatir Ada Kamera Tersembunyi Terpasang di Kamar Hotel Anda? Begini Cara Temukannya

Ada saja oknum yang memasang kamera tersembunyi di kamar penginapan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kamar hotel. Kamera pengintai biasanya disimpan di tempat tersembunyi dan ukurannya pun sangat kecil sehingga sulit dikenali.
Foto:

Sebetulnya, persoalan kamera pengintai lebih umum dialami oleh wisatawan yang menginap di guest house atau rumah yang disewakan. Karenanya, Airbnb tidak mengizinkan pemilik rumah memasang kamera pengawas di ruang publik, kecuali jika hal itu diungkapkan kepada tamu.

"Perangkat apa pun yang memantau ruang bersama harus dipasang dengan cara yang terlihat dan diungkapkan dalam deskripsi. Perangkat tidak boleh memantau ruang privat, misalnya kamar tidur, kamar mandi, atau area umum yang digunakan sebagai area tidur, seperti ruang tamu dengan tempat tidur sofa," kata Aaron.

Kamera tersembunyi menjadi sangat sulit dikenali karena perangkatnya semakin canggih dan ukurannya pun semakin kecil. Aaron pun mengimbau setiap wisatawan untuk berpikir layaknya penjahat jika mereka bertanya-tanya di mana kamera itu disembunyikan.

"Jangan lupa laporkan ke platform pemesanan penginapan jika Anda menemukan kamera pengintai di unit yang dipesan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement