Rabu 14 Dec 2022 06:30 WIB

Khawatir Ada Kamera Tersembunyi Terpasang di Kamar Hotel Anda? Begini Cara Temukannya

Ada saja oknum yang memasang kamera tersembunyi di kamar penginapan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kamar hotel. Kamera pengintai biasanya disimpan di tempat tersembunyi dan ukurannya pun sangat kecil sehingga sulit dikenali.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Kamar hotel. Kamera pengintai biasanya disimpan di tempat tersembunyi dan ukurannya pun sangat kecil sehingga sulit dikenali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kamera pengintai seperti CCTV sebetulnya dibutuhkan untuk membantu meningkatkan keamanan rumah atau lingkungan. Namun, ada saja oknum yang memasang kamera pengintai di ruang privat, seperti kamar hotel atau toilet, misalnya.

Seorang penyelidik swasta dan pakar keamanan dari Bond Rees di Inggris, Aaron Bond, mengatakan bahwa kamera pengintai biasanya disimpan di tempat tersembunyi dan ukurannya pun sangat kecil sehingga sulit dikenali. Karena itulah, penting untuk selalu memeriksa barang-barang di kamar hotel untuk mencegah gangguan privasi.

Baca Juga

Daftar barang yang menurut Aaron perlu diperiksa antara lain pendeteksi asap, AC, colokan dan soket listrik, pulpen, boneka mainan, jam, buku, karya seni, hingga tanaman.

"Jika Anda melihat cermin, karya seni, atau dekorasi pada ketinggian yang sulit terjangkau, mungkin ada kamera tersembunyi yang terpasang di sana dan Anda harus memeriksanya. Kamera dapat disembunyikan di barang sehari-hari yang tidak mungkin menimbulkan kecurigaan di kalangan wisatawan," kata Aaron, seperti dilansir laman Express, Selasa (13/12/2022).

Aaron menyebut, detektor asap atau unit AC juga dapat digunakan karena biasanya tinggi dan akan memberikan tampilan ruangan secara utuh. Barang-barang seperti boneka, mainan, jam, atau buku dapat digunakan karena wisatawan tidak mungkin mempertanyakan keberadaan barang tersebut di ruangan.

"Miniatur kamera tersembunyi bisa sekecil pin sehingga bisa dipasang di mana saja. Menemukan perangkat ini dengan mata telanjang biasanya sulit," kata dia.

Lantas adakah cara untuk menemukannya? Aaron merekomendasikan untuk mematikan lampu dan menggunakan bagian dalam gulungan toilet dan senter untuk mencari kamera pengintai. Beberapa ponsel juga memiliki fitur yang dapat mendeteksi inframerah pada kamera tersembunyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement