Rabu 02 Nov 2022 02:32 WIB

Jangan Langsung Nyalakan Lampu Saat Masuk Kamar Hotel, Ini Alasannya

Masyarakat diminta tak nyalakan lampu untuk mengecek kemungkinan kutu di kamar hotel

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja membersihkan kaca di salah satu kamar (ilustrasi).  Seorang pegawai hotel memperingatkan tamu yang memakai jasa layanan akomodasi untuk tidak langsung menyalakan lampu saat memasuki kamar tempat menginap. Dia menyarankan untuk membiarkan kamar gelap untuk sejenak.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pekerja membersihkan kaca di salah satu kamar (ilustrasi). Seorang pegawai hotel memperingatkan tamu yang memakai jasa layanan akomodasi untuk tidak langsung menyalakan lampu saat memasuki kamar tempat menginap. Dia menyarankan untuk membiarkan kamar gelap untuk sejenak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pegawai hotel memperingatkan tamu yang memakai jasa layanan akomodasi untuk tidak langsung menyalakan lampu saat memasuki kamar tempat menginap. Dia menyarankan untuk membiarkan kamar gelap untuk sejenak.

Tujuannya adalah untuk menghindari sejumlah konsekuensi menjijikkan, termasuk mengecek keberadaan kutu busuk. Anjuran tersebut disampaikan perempuan bernama Halee yang telah berkecimpung di industri hotel selama 15 tahun.

Halee membagikan kiat tersebut dalam video TikTok yang diunggah lewat akun @haleewithaflair. Dia menganjurkan wisatawan yang pelesir untuk melakukan beberapa pemeriksaan sederhana saat menginap di hotel.

Baca juga : Kopi dan Air Kelapa Konon Pengaruhi Warna Kulit Bayi Saat Lahir, Apa Kata Dokter?

 

"Matikan lampu, tutup semua sumber cahaya, dan nyalakan senter di ponsel Anda," ungkap Halee. Dia lantas menyarankan untuk memakai senter guna memeriksa bagian bawah tempat tidur hotel.

Begitu juga setiap sudut dan celah kamar, serta kain seperti tirai. Halee meminta untuk mewaspadai sudut tempat tidur dan lipatan kain linen. "Alasan Anda harus memeriksa tempat tidur Anda dengan kondisi lampu dimatikan adalah karena kutu busuk aktif di malam hari sehingga kondisi gelap lebih mungkin membuat mereka keluar," kata Halee.

Pemeriksaan lain yang perlu dilakukan yakni memastikan tidak ada noda darah pada kain seprai, mengecek kebersihan kulkas mini, serta melihat papan setrika masih dalam kondisi baik. Sebaiknya, lakukan pemeriksaan sebelum membongkar koper yang dibawa.

Secara terpisah, seorang ahli sebelumnya menyarankan agar tamu hotel meletakkan tas terlebih dahulu di kamar mandi saat memeriksa keberadaan kutu busuk. Itu karena lantai kamar mandi memiliki kemungkinan lebih kecil sebagai tempat persembunyian kutu busuk, dikutip dari laman Daily Star, Rabu (2/11/2022).

Baca juga : Obat Jadi Racun: Mempertanyakan Kinerja BPOM

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement