Ahad 11 Dec 2022 15:34 WIB

Celana Jeans Tertua di Dunia Ditemukan

Celana jeans tertua itu telah terjual seharga 114 ribu dolar AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Sepasang celana kerja, kemungkinan dibuat oleh atau untuk Levi Strauss, dari SS Amerika Tengah terlihat di sebuah gudang di Sparks, Nev., pada 4 Mei 2022. Ditarik dari bagasi yang tenggelam di sebuah kapal karam tahun 1857 di lepas pantai North Carolina, celana kerja yang digambarkan oleh pejabat lelang sebagai celana jeans tertua di dunia telah terjual seharga $114.000.
Foto:

Terlepas dari asalnya, tidak dapat disangkal celana itu dibuat sebelum SS Amerika Tengah tenggelam dalam badai pada 12 September 1857. Kapal itu penuh sesak dengan penumpang yang memulai perjalanan di San Francisco dan sedang dalam perjalanan ke New York melalui Panama. 

Dari perjalanan ini, tidak ada indikasi celana kerja tua yang berasal dari era Gold Rush ada. “Jeans penambang itu seperti bendera pertama di bulan, momen bersejarah dalam sejarah,” kata Dwight Manley mitra pengelola California Gold Marketing Group yang memiliki artefak dan melelangnya.

Celana itu berasal dari bagasi seorang pria Oregon John Dement yang bertugas di Perang Meksiko-Amerika. "Pada akhirnya, tidak ada yang bisa mengatakan ini atau bukan Levi's dengan kepastian 100 persen, " kata Manley. 

Tapi, Manley menegaskan, celana itu adalah satu-satunya jeans Gold Rush yang diketahui "Tidak ada dalam koleksi mana pun di dunia," ujarnya. 

Pesiden perusahaan lelang Fred Holabird mengatakan, tidak ada cara untuk membandingkannya secara historis atau ilmiah dengan yang dibuat pada 1873 hingga 1857 dan saat Strauss keluar dengan jenis terbaru. Dia menyoroti dengan masalah bahan, ketersediaan produk, teknik pembuatan, dan distribusi pasar .

 

Levi Strauss & Co telah lama menyatakan, perusahaan tersebut hanyalah grosir dan tidak memproduksi pakaian hingga 1873. Namun Holabird yakin celana itu dibuat oleh subkontraktor Strauss.

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement