Jumat 25 Nov 2022 05:00 WIB

Tanda Peringatan Penyakit Jantung Bisa Muncul di Mata, Seperti Apa Penampakannya?

Penyakit jantung dapat dipicu oleh kolesterol tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Dr Sandra Lee alias dr Pimple Popper memperlihatkan xanthelasma pada mata pasiennya. Xantelasma merupakan salah satu pertanda kolesterol tinggi.
Foto:

Selain xanthelasmas, ada beberapa tanda kolesterol tinggi yang juga dapat terlihat. Salah satunya adalah kemunculan klaster benjolan berlemak yang muncul tiba-tiba di kulit. Benjolan-benjolan ini bisa terlihat seperti bintil ruam, kutil, atau bahkan masalah kulit bernama molluscum contagiosum.

"Benjolan-benjolan ini sebenarnya deposit lemak kolesterol yang disebabkan oleh sangat tingginya kadar trigliserida di dalam darah," kata American Academy of Dermatology Association.

photo
Tanda kolesterol tinggi dapat terlihat di kaki. - (Republika)

Orang dengan masalah kolesterol tinggi juga bisa mengalami tendon xanthomata, yaitu pembengkakan di area buku jari, lutut, atau tendon Achilles. Pembengkakan ini juga dipicu oleh tingginya kadar kolesterol.

Tanda lain dari kolesterol tinggi adalah kemunculan lingkaran putih di sekitar iris mata. Kondisi ini dikenal sebagai corneal arcus.

Namun, perlu disadari bahwa tak semua masalah kolesterol tinggi akan memicu gejala. Cara terbaik untuk mendeteksi kolesterol tinggi adalah melalui tes darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement