Kamis 24 Nov 2022 16:52 WIB

Anak Idap Diabetes Tipe 1? Dr Piprim: Jaga Pola Makan Sehat

Diabetes tipe 1 biasanya ditemui pada anak dan remaja.

Makanan sehat (ilustrasi). diabetes tipe 1 terjadi ketika ada gangguan yang merusak sel beta pankreas sehingga tubuh tidak bisa memproduksi insulin.
Foto: www.pixabay.com
Makanan sehat (ilustrasi). diabetes tipe 1 terjadi ketika ada gangguan yang merusak sel beta pankreas sehingga tubuh tidak bisa memproduksi insulin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan sehat tetap harus diterapkan oleh pengidap diabetes tipe 1. Gangguan ini terjadi akibat tubuh kurang atau tidak memproduksi insulin.

"Tetap perhatikan pola makan, jangan terlalu banyak snack dan junk food," kata Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Piprim Basarah Yanuarso SpA(K) kepada Antara di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga

Diabetes tipe 1 biasanya ditemui pada anak dan remaja. Sementara itu, diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup biasa dialami orang dewasa.

Dengan gaya hidup baik, insulin yang kerjanya cepat bisa dikurangi. Gaya hidup yang dimaksud mencakup pola makan yang sehat dan mengurangi asupan karbohidrat serta rutin berolahraga.

 

"Insulin yang long term (digunakan) pada malam hari, insulin basal tetap harus diberikan karena tubuh tidak bisa menghasilkan insulin sendiri," jelas dr Piprim.

Dr Piprim memaparkan diabetes tipe 1 terjadi ketika ada gangguan yang merusak sel beta pankreas sehingga tubuh tidak bisa memproduksi insulin. Hormon insulin berfungsi menyerap glukosa agar masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Pada diabetes tipe 2, gaya hidup akibat konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat dalam jangka panjang menjadi penyebabnya. Gaya hidup tidak sehat membuat terjadinya resistensi insulin dan pada akhirnya menimbulkan diabetes.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement