Selasa 22 Nov 2022 07:06 WIB

Studi Ungkap Mengganti Gula dengan Madu Dapat Cegah Penyakit Jantung Hingga Diabetes

Meskipun mengandung gula, madu terbukti baik untuk kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Madu (Ilustrasi). Khasiat madu untuk kesehatan telah dibuktikan oleh banyak penelitian.
Foto: www.freepik.com.
Madu (Ilustrasi). Khasiat madu untuk kesehatan telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madu telah diketahui baik untuk kesehatan. Meskipun mengandung sekitar 80 persen gula, ada beberapa manfaat kesehatan yang mengejutkan dari mengonsumsi dua sendok makan madu setiap hari.

Sebuah studi baru menemukan bahwa madu dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan kadar kolesterol. Hal itu merupakan indikator kesehatan kardio metabolik yang penting.

Baca Juga

Penyakit kardio metabolik adalah sekelompok kondisi umum yang mencakup serangan jantung, strok, diabetes, resistensi insulin, dan penyakit hati berlemak nonalkohol. Sebagian besar gangguan kesehatan itu dapat dicegah.

Para ahli mengatakan bahwa mengganti pemanis tambahan dalam makanan, seperti gula untuk teh, dengan madu dapat menurunkan risiko penyakit yang terkait dengan makan terlalu banyak gula. Misalnya diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit hati berlemak nonalkohol.

 

Para peneliti di University of Toronto di Kanada belum lama ini menganalisis temuan dari 18 percobaan yang melibatkan lebih dari 1.100 peserta. Mereka menemukan bahwa madu mentah dari satu sumber bunga memiliki efek paling positif pada tubuh.

Peneliti menemukan madu tersebut dapat menurunkan glukosa darah puasa dan jumlah kolesterol jahat dalam darah sekaligus meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi peradangan. Partisipan dalam penelitian mengikuti diet sehat secara umum, sementara gula menyumbang 10 persen atau kurang dari asupan kalori harian mereka.

Mereka diberi rata-rata 40 gram atau sekitar dua sendok makan madu setiap hari selama delapan pekan. Sebagian besar manfaat selanjutnya diamati pada orang yang makan madu mentah dari pohon False Acacia atau Black Locust.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement