Ahad 04 Sep 2022 16:48 WIB

5 Manfaat Madu untuk Tubuh

Madu terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Madu (Ilustrasi). Khasiat madu untuk kesehatan telah dibuktikan oleh banyak penelitian.
Foto: www.freepik.com.
Madu (Ilustrasi). Khasiat madu untuk kesehatan telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telah dimanfaatkan sejak zaman kuno, madu dengan beragam khasiatnya dipakai dalam pengobatan rumahan untuk banyak masalah kesehatan dan kecantikan. Manfaat madu juga sudah terbukti secara ilmiah oleh banyak penelitian.

Dilansir Healthshots pada Ahad (4/9/2022), madu terkenal dengan rasanya yang enak dan membawa rasa manis ke berbagai hidangan. Tetapi sebelum menggunakannya, orang harus selalu memeriksa apakah itu asli atau palsu.

Baca Juga

Jika Anda menggunakan madu palsu sebagai pengganti madu alami, itu bahkan dapat membahayakan kesehatan Anda dalam banyak hal. Berikut lima manfaat madu untuk tubuh, yaitu:

1. Penambah energi

 

Glukosa dalam madu meningkatkan tingkat energi dalam tubuh. Itu sebabnya madu digunakan sebagai bahan utama dalam sebagian besar minuman energi buatan rumahan. Ini membantu dalam mengurangi kelelahan dan kelesuan.

2. Sembuhkan luka yang terinfeksi

Madu dapat menyembuhkan kulit terbakar dan infeksi. Bahkan, menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di PubMed pada 2013 terungkap bahwa madu berkhasiat untuk membantu menyembuhkan luka akibat operasi.

Dikutip dari laman National Center for Biotechnology Information Amerika Serikat, para peneliti menemukan bahwa efek antibakteri dan antiinflamasi madu bertanggung jawab atas kekuatan penyembuhannya. Di sisi lain, madu dapat bermanfaat untuk banyak masalah kulit lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement