Selasa 22 Nov 2022 12:35 WIB

6 Cara Merawat Kesehatan Kulit

Kulit perlu mendapatkan perawatan yang baik.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang perempuan sedang merawat kulit wajahnya agar sehat.
Foto: www.freepik.com
Seorang perempuan sedang merawat kulit wajahnya agar sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bagian tubuh terbesar, kulit perlu mendapatkan perawatan yang baik. Merawat kulit tidak selalu mahal. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, relatif mudah untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat.

Berikut tujuh cara untuk merawat kulit dilansir dari every day health:

Baca Juga

Tambahkan Dosis Harian Vitamin C

Penelitian menunjukkan Vitamin C dapat membantu mengobati hiperpigmentasi, yang dapat terjadi jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari.

Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi tertentu seperti asam lemak omega 3, vitamin C, vitamin E dan polifenol dikaitkan dengan kulit yang lebih sehat. Sekali-kali, manjakan diri Anda dengan makanan laut seperti salmon dan tuna, tambahkan kacang kenari atau almond ke ketika Anda membuat kue. Anda juga bisa menaburi oatmeal dengan buah beri segar untuk mendapatkan vitamin C.

Olahraga

Olahraga meningkatkan aliran darah ke organ seperti kulit Anda. Olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. 

Olahraga membantu menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon stres yang terkait dengan peradangan dan kerusakan kulit. Lantaran stres adalah pemicu umum untuk penyakit seperti eksim dan psoriasis, olahraga teratur dapat mengurangi risiko dan keparahan kambuh ini.

Rawat kulit Anda saat berolahraga dengan mengaplikasikan SPF 30+. Pilih kain sintetis yang menyerap kelembapan untuk pakaian olahraga Anda, gunakan handuk bersih untuk menghilangkan keringat dan selesaikan olahraga Anda dengan mandi sebelum berganti pakaian bersih.

Konsumsi Protein

Kolagen adalah protein yang membentuk dasar kulit, otot dan jaringan ikat tubuh. Tubuh memproduksi kolagen secara alami. Namun, produksi kolagen melambat yang menyebabkan keriput dan tanda penuaan lainnya. Memprioritaskan protein dalam rutinitas perawatan kulit Anda dapat membantu Anda merawat kulit.

Rawat Kulit

Perawatan diri berarti meluangkan waktu di malam hari untuk menyelesaikan rutinitas perawatan kulit. Contohnya, setelah mencuci muka Anda bisa bersantai dengan masker wajah.

Pakai Sunscreen

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, pakailah suncreen dengan kandungan SPF yang tinggi sehingga bisa menghalangi paparan langsung sinar matahari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement