Jumat 04 Nov 2022 06:30 WIB

Work From Home Bisa Lemahkan Tubuh dan Tulang

WFH membuat aktivitas fisik orang berkurang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) (ilustrasi). Jaga kesehatan tubuh dan tulang selama menjalani WFH.
Foto:

Jadwalkan olahraga

WFH bisa membuat pekerja menjadi jarang bergerak. Hal ini bisa dihindari dengan cara membuat jadwal khusus untuk berolahraga.

Gunakan waktu yang biasanya dipakai untuk pergi ke kantor atau pulang ke rumah sebagai waktu berolahraga. Jenis olahraga yang bisa dilakukan pun sangat beragam dan mudah, seperti berjalan kaki cepat di lingkungan dekat rumah.

Penggunaan meja berdiri saat bekerja di rumah juga bisa membantu mengurangi durasi duduk berlebihan saat bekerja.

Hadirkan ruang khusus

Ciptakan satu ruang atau pojok khusus di rumah untuk bekerja. Area bekerja ini sebaiknya diisi dengan meja dan bangku bekerja yang dapat menunjang postur tubuh dengan baik.

Pastikan bangku yang digunakan dapat menjaga pinggul dan lutut berada dalam sudut 90 derajat atau sedikit lebih besar. Letakkan layar komputer dengan jarak satu lengan dan sejajar atau di bawah level pandangan mata.

Seimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan

Bekerja dari rumah kerap membuat batas antara kehidupan pribadi dan pekerjaan menjadi samar. Situasi seperti ini bisa dicegah dengan cara menciptakan batas yang jelas antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Saat menjalani WFH, misalnya, pekerja dianjurkan untuk tetap mengikuti jam bekerja seperti saat di kantor. Jam ini juga mencakup jam istirahat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement