Selasa 01 Nov 2022 00:20 WIB

Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari Setelah Berusia 50 Tahun

Ada kebiasaan makan yang perlu dihindari ketika seseorang sudah berusia 50 tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menyantap junk food (ilustrasi). Ada kebiasaan-kebiasaan makan yang perlu dihindari ketika seseorang sudah memasuki usia 50 tahun.
Foto:

Menu Makanan Monoton

Menyantap menu makanan yang sama dari waktu ke waktu sebaiknya dihindari. Alasannya, tubuh membutuhkan asupan yang beragam agar bisa mendapatkan berbagai nutrisi yang diperlukan.

Salah satu trik yang bisa dilakukan agar makanan yang dikonsumsi lebih beragam adalah "nutrisi pelangi". Trik ini menganjurkan makanan yang dikonsumsi dalam keseharian terdiri dari warna-warna yang berbeda, misalnya, mengonsumsi sayuran berwarna merah dan hijau, serta buah berwarna kuning dan ungu.

"Bila Anda menyantap makanan yang sama setiap hari, Anda bisa berisiko kekurangan nutrisi esensial seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B, yang penting saat Anda mengalami penuaan," ujar Clair.

Menghindari Kuning Telur

Sebagian orang menghindari kuning telur karena khawatir dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi. Mereka meyakini bahwa konsumsi kuning telur bisa memicu terjadinya kolesterol tinggi.

Anggapan ini telah terbukti tidak benar. Studi menunjukkan bahwa sebagian besar orang bisa mengonsumsi kuning telur tanpa harus mengkhawatirkan masalah kolesterol.

Kuning telur justru bisa memberikan asupan gizi yang baik bagi orang-orang di masa penuaan. Kuning telur diketahui mengandung zat gizi yang dapat menunjang kesehatan otak seperti kolin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement