Jumat 28 Oct 2022 06:30 WIB

Anak Demam? Ketahui Dulu Penyebabnya, Cukupi Hidrasi-Kompres Hangat Baru Obat

Jangan buru-buru memberikan obat ketika anak demam.

Anak demam (ilustrasi). Mengompres anak dengan air hangat dapat membantu meredakan demamnya.
Foto:

Jika anak terserang demam, menurut dr Tuty, lakukan pengobatan dengan tanpa obat terlebih dahulu. Orang tua bisa memberikan minum air putih yang cukup sampai anak buang air kecil yang cukup.

Hal tersebut lantaran kandungan utama tubuh balita adalah air. Andaikan balita kekurangan cairan, maka gejala demam yang pertama kali muncul.

"Apabila demam tidak turun, maka bisa dengan kompres. Yang paling efektif lebih cepat menurunkannya menyeka tubuh anak, buka baju anak, seka pakai air hangat, dan dikeringkan sehingga pori-porinya terbuka jadi panas tubuh bisa keluar," jelas dia.

Terjadinya peningkatan signifikan kasus gagal ginjal akut progresif atipikal pada saat ini, menurut dr Tuty, menjadi pelajar bagi para orang tua agar tidak sembarangan memberikan obat kepada anak. Orang tua harus mengetahui terlebih dahulu zat aktif, efek samping, kegunaan obat yang akan dikonsumsi hingga interaksi antar obat.

Dr Tuty mengingatkan bahwa tidak semua obat bisa dikonsumsi secara bersamaan. Sebab, ada beberapa obat yang jika digunakan pada saat yang bersamaan justru akan berbahaya.

"Jadi setop untuk koleksi obat di rumah, stok obat di rumah cukup parasetamol saja, itu pun digunakan kalau segala cara sudah dicoba namun tidak bisa baru kita pakai," tutur dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement