Selasa 25 Oct 2022 19:31 WIB

Tren Kosmetik Baru Muncul Selama Pandemi

Kosmetik vegan menjadi salah satu tren baru yang muncul selama pandemi Covid-19.

Perempuan mencoba riasan wajah di salah gerai kosmetik (Ilustrasi). Kosmetik vegan banyak diminati sejak pandemi Covid-19.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Perempuan mencoba riasan wajah di salah gerai kosmetik (Ilustrasi). Kosmetik vegan banyak diminati sejak pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim ahli Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia Nuning S Barwah mengatakan tren baru muncul selama masa pandemi Covid-19. Salah satunya ialah kosmetik vegan.

Kosmetik vegan artinya hanya mengandung bahan dasar tanaman. Kosmetik vegan tidak memiliki kandungan yang berasal dari hewan dan tak melakukan pengujian menggunakan hewan.

Baca Juga

Nuning yang menjadi juri ajang Innovation Zone dalam pameran Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI) 2022 itu juga menyebutkan kosmetik organik, kosmetik dengan bahan baku sedikit air (less water), dan bahan baku kosmetik dari limbah juga menjadi tren. Dia mengatakan, kreasi para produsen kosmetik dalam memilih bahan baku menjadi salah satu parameter dalam menentukan pemenang dalam kategori innovation zone di ICI 2022.

Selain bahan baku, cara mengkreasikan bahan baku dikreasikan serta pembuktian bahwa bahan baku yang digunakan aman juga menjadi parameter dalam penjurian. Innovation zone merupakan satu pembaruan dalam ICI yang sudah digelar ke-11 kali itu selain laboratorium formulasi.

"Kami menyiapkan area yang namanya innovation zone, merangsang untuk menghasilkan bahan baku lokal. Targetnya bagaimana kami mencoba menciptakan konten lokal, diproduksi bangsa Indonesia," tutur Nuning di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement