Selasa 25 Oct 2022 16:52 WIB

Tim Burton Ogah Garap Film Marvel, Kenapa?

Tim Burton dengan tegas tidak tertarik menggarap film Marvel.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Tim Burton dengan tegas tidak tertarik menggarap film Marvel.
Foto: www.wikimedia.org
Tim Burton dengan tegas tidak tertarik menggarap film Marvel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat bicara mengenai masa depan karier perfilmannya, sutradara Tim Burton mengungkapkan bahwa dia tak tertarik menggarap film Marvel. Hal ini cukup mengejutkan, mengingat Burton telah membangun hubungan yang cukup lama dengan pemilik Marvel, Disney.

Burton menyatakan ketidaktertarikannya pada film Marvel saat berbicara mengenai masa depan karier perfilmannya di Lumiere Festival, Prancis. Dalam sesi konferensi pers, Burton mendapatkan pertanyaan mengenai kemungkinan dirinya menggarap film Marvel Cinematic Universe. Burton dengan tegas menjawab "tidak" untuk pernyataan tersebut.

Baca Juga

"Saya hanya bisa berurusan dengan satu jagat, saya tak bisa berurusan dengan banyak jagat," jelas Burton, seperti dilansir People, Selasa (25/10/2022).

Burton juga mengungkapkan alasan lain yang membuatnya sulit untuk bekerja dengan Disney saat ini. Menurut Burton, fokus utama Disney saat ini adalah Marvel, Star Wars, dan Pixar. Burton melihat fokus ini sebagai hal yang sangat homogen.

"Hanya ada sedikit ruang untuk hal-hal lain yang berbeda," ujar Burton.

Selain itu, Burton mengatakan Disney telah merekrut dan memberhentikannya beberapa kali. Oleh karena itu, kemungkinan Burton untuk bekerja dengan Disney dalam waktu dekat relatif kecil.

Hal lain yang menjadi ganjalan bagi Burton adalah pengalamannya saat menggarap film Dumbo. Pengalaman tersebut menyadarkan Burton mengenai alasan yang membuatnya tak lagi ingin berurusan dengan Disney.

"Saya menyadari saya seorang Dumbo (bodoh), karena saya bekerja dengan sirkus besar yang buruk ini dan saya perlu melarikan diri," lanjut Burton.

Sebelum debut menjadi sutradara, Burton mengawali kariernya sebagai animator untuk Disney. Burton lalu beralih haluan dan memulai debut sebagai sutradara bersama Warner Bros melalui film Pee-Wee's Big Adventure yang rilis pada 1985.

Burton sempat kembali bekerjasama dengan Disney dan menggarap beberapa film. Film-film yang digarap oleh Burton bersama Disney adalah Ed Wood, The Nightmare Before Christmas, Alice in Wonderland, Frankenweenie, dan Dumbo.

Belum lama ini, Burton dianugerahi penghargaan Prix Lumiere di Lumiere Festival. Penghargaan serupa juga pernah diberikan kepada Clint Eastwood, Martin Scorsese, serta jane Campion.

"Yang membuat festival ini sangat baik adalah karena festival ini murni tentang film, alih-alih soal bisnis, penghargaan, atau lainnya," pungkas Burton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement