Senin 24 Oct 2022 21:08 WIB

Tahun Ini FFI akan Beri Penghargaan Baru 'Karya Kritik Film Terbaik'

Ada lima besar karya kritik film yang akan menjadi nominasi di FFI tahun ini.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) Periode 2021-2023, Reza Rahadian.
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) Periode 2021-2023, Reza Rahadian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digelar secara langsung dari Candi Borobudur untuk memanjakan mata para penonton, Festival Film Indonesia (FFI) 2022 mengumumkan para nominator dari 22 nominasi. Acara tersebut digelar secara live lewat YouTube channel FFI dan Budaya Saya.

Ketua Komite FFI Periode 2021-2023, Reza Rahadian mengatakan, tahun ini akan ada penghargaan baru Karya Kritik Film Terbaik. Dirinya sendiri yang akan memberikan penghargaan tersebut.

Baca Juga

“Kritik film merupakan bentuk apresiasi yang dinilai tepat. Bukan hanya untuk menjembatani film dengan penontonnya, tetapi juga berkontribusi memberi pengetahuan kepada pembuat film yang karyanya dikritik,” kata Reza, dalam pembukaan acara pengumuman nominasi FFI, Sabtu lalu.

Sebelum terpilih lima besar nominasi, ada sekitar 15 kritik film yang berasal dari media-media mainstream besar hingga blog dan YouTube.

Dengan tema ‘Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa’, para nominator dibacakan oleh tiga duta Festival Film Indonesia yakni Prilly Latuconsina, Shenina Cinnamon, dan Cut Mini. Kali ini, film-film yang menjadi nominasi pun tak hanya film yang ditayangkan di bioskop saja, karena film OTT dan film festival yang berlangsung di luar negeri juga menjadi nominasi FFI 2022.

Adapun 22 nominasi FFI 2022 ini di antaranya Penulis Skenario Asli Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik, yang diumumkan oleh Prilly Latuconsina.

Kemudian ada pula nominasi Film Animasi Pendek Terbaik, Film Cerita Pendek Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Film Dokumenter Pendek Terbaik, dan Film Dokumenter Panjang Terbaik, yang diumumkan oleh Shenina Cinnamon.

Lalu Pengarah Sinematografi Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, dan Sutradara Terbaik, diumumkan oleh Cut Mini. Untuk Film Cerita Panjang Terbaik diumumkan oleh Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada malam puncak anugerah Piala Citra FFI 2022, yang akan dilangsungkan pada 22 November 2022 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement