Senin 24 Oct 2022 22:00 WIB

Gangguan Ginjal Akut: Ada Anak yang Membaik dengan Fomepizole, Ada Juga yang tidak

Fomepizole dinilai dapat memberikan harapan bagi pasien gangguan ginjal akut.

Anak sakit (ilustrasi). Ada banyak faktor yang menentukan kesembuhan anak dari gangguan ginjal akut progresif atipikal, bukan cuma pemberian obat fomepizole.
Foto:

Menurut Prof Sudung, gangguan ginjal akut yang biasa pada umumnya dapat sembuh dengan baik. Akan tetapi, gangguan ginjal akut progresif atipikal merupakan kasus yang baru muncul kali ini sehingga para ahli dan tenaga kesehatan masih melakukan penyelidikan.

Prof Sudung mengatakan fungsi ginjal semestinya bisa pulih seperti semula pada anak dengan gangguan ginjal akut. Namun, hal tersebut bergantung pada tingkat keparahan atau tingkat kerusakan ginjal sewaktu anak pertama kali dirujuk ke rumah sakit.

Pada pasien yang sudah dinyatakan sembuh, Prof Sudung mengingatkan pentingnya dokter untuk memantau kondisi lebih jauh lagi, apakah terdapat kemungkinan untuk menjadi penyakit ginjal kroniksdi kemudian hari atau tidak. Apabila kemungkinan tersebut muncul, diharapkan deteksi dini bisa dilakukan.

"Oleh karena itu, meskipun sudah sembuh, kami masih perlu mengevaluasi lebih lanjut bagaimana nanti perkembangannya. Biasanya dikatakan sembuh itu setelah diperiksa lewat urinenya normal, kemudian nanti baru pulang dalam keadaan baik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement